DetikHot

art

Fantastis! Lukisan Potret Kekasih Pablo Picasso Terjual Rp 598 Miliar

Selasa, 16 Mei 2017 09:10 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Fantastis! Lukisan Potret Kekasih Pablo Picasso Terjual Rp 598 Miliar Foto: BBC
Jakarta - Tahun lalu puluhan karya Pablo Picasso dipamerkan di London dan menghebohkan dunia seni rupa. Kali ini, lukisan Picasso berhasil terjual di Balai Lelang New York senilai Rp 598 miliar.

Lukisan berjudul 'Femme Assise, Robe Bleu (Seated Woman in Blue Dress)' menampilkan salah satu potret dari kekasih Picasso yang bernama, Dora Maar. Enam tahun lalu, lukisan ini terjual ke seorang kolektor Amerika Serikat seharga Rp 200-an miliar.

Baca Juga: Lukisan Maestro Indonesia Bersanding dengan Seniman Ternama Dunia di Singapura

Dikutip dari BBC, Selasa (16/5/2017), lukisannya memiliki sejarah panjang. Selama Perang Dunia Kedua, Nazi pernah menyita lukisan tersebut. Dalam perjalanan dari Paris ke Moravia lukisan Pablo Picasso pernah dicegat keluar negeri oleh pejuang Perlawanan Prancis.

Pablo Picasso dan Dora Maar memiliki hubungan intim selama sembilan tahun lamanya. Dia melukis 'Seated Woman' di tahun 1939 saat berusia 58 tahun dan Dora Maar berusia 31 tahun.

Lukisan 'Seated Woman' diyakini sebagai salah satu potret Picasso yang berkualitas dan dikenal dunia di masa kesuksesannya. Pablo Picasso kerap kali melukis kekasih-kekasihnya.

Baca Juga: Cucu Picasso Dituduh Jual Patung 'Bust of Woman' pada Dua Kolektor
(tia/doc)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed