DetikHot

art

'ONBoarding', Empat Pemenang Go Ahead Challenge Siap Lepas Landas

Senin, 15 Mei 2017 11:28 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
ONBoarding, Empat Pemenang Go Ahead Challenge Siap Lepas Landas Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Setelah residensi di Amsterdam, Rotterdam, dan Eindhoven, empat karya pemenang Go Ahead Challenge 2016 tengah dipamerkan. Berjudul 'ONBorading', menurut kurator pameran Saleh 'Ale' Husein, karya keempatnya diibaratkan seperti proses menuju ke tempat lain.

"Seniman yang terpilih sebelum menang dan residensi ke Belanda, dan karya yang sekarang ditampilkan ada masa. Seperti mereka siap lepas landas menuju tempat lain," tutur Saleh 'Ale' Husein, di Gudang Sarinah Ekosistem (GSE), Jakarta, kemarin.

Jika kebetulan berada di kawasan Jalan Pancoran Timur 2, singgahlah ke Gudang Sarinah Ekosistem (GSE) Hall A4. Dari sebelah kanan, terdapat karya seni instalasi Yulio Onta dari sub-kultur musik. Pemain bas dari band Piston ini berkolaborasi dengan tiga ilustrator untuk mempresentasikan lagu berjudul 'Menuju Ketiga'.

Pemain bas dari band Piston, Yulio Onta, memamerkan karya di Go Ahead Challenge 2016Pemain bas dari band Piston, Yulio Onta, memamerkan karya di Go Ahead Challenge 2016 Foto: Tia Agnes/ detikHOT


"Backdrop kolaborasi ini kerjasama dengan beberapa seniman, bisa dibilang ini atmosfer kalau lagi manggung, yang nggak bisa lepas dari band itu sendiri," tutur Yulio Onta.

Baca Juga: Karya 4 Pemenang Go Ahead Challenge 2016 Dipamerkan

Di sampingnya terdapat instalasi John Martin dari sub-kultur fashion. Berbentuk seperti tenda kemah, di dalamnya terdapat bagian kanan dan kiri dari otak yang diibaratkan adalah isi kepala dari John Martin. Di bagian tengahnya terdapat kostum desain dari seniman yang berdomisili di Yogyakarta ini.

"Dua pikiran yang saling terhubung ini membantu untuk membuat karya. Kalau lagi buat karya kadang bisa mendapatkan inspirasi tapi jarang ada yag bisa melihat prosesnya sendiri yang ada di dalam otak," kata John Martin.

Para pemenang Go Ahead Challenge 2016Para pemenang Go Ahead Challenge 2016 Foto: Tia Agnes/ detikHOT


Dilanjutkan dengan karya Kurniawan 'Iwe' Ramadhan berjudul Nautical Oddisey 2. Dia menciptakan karya yang terinspirasi dari kawasan Kulonprogo yang identik dengan sebutan 'kampung nelayan'.

Terakhir adalah karya seni fotografi dari Ridhwan Badar Rahhman yang berjudul 'Hilang Ingatan'. Dia menampilkan tiga karya video art-fotografi tentang ketahanan pangan.

Penasaran seperti apa karya dari empat pemenang Go Ahead Challenge 2016? Simak karya-karyanya di Gudang Sarinah Ekosistem (GSE) Jakarta.

Baca Juga: Ide-ide Kreatif Seniman Muda dalam 'Artospora 2016'
(tia/doc)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed