DetikHot

art

'Robot' Sampah ala Komunitas Invalid Urban Bandung

Jumat, 12 Mei 2017 16:35 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Robot Sampah ala Komunitas Invalid Urban Bandung Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Jika berada di kawasan Kota Tua Jakarta Barat, singgahlah ke Galeria Fatahillah yang berada di lantai dua kantor pos atau seberang Museum Fatahillah. Di pameran 'BBuzzShow@Jakarta' yang digelar BBuzzArt, ada satu 'robot' yang terdiri dari tumpukan sampah dan barang bekas pakai karya Komunitas Invalid Urban asal Bandung.

Setinggi hampir 2,5 meter, tumpukan sampah tersebut berdiri hingga ke langit-langit galeri. Ada patung yang membentuk wajah dan terdiri dari tong, CPU, gir mesin, manekin, dan kabel-kabel bekas.

Tong yang berada di dalam 'robot' sampah berputar sesuai gerakan yang sudah diatur oleh tim Invalid Urban. Beberapa bagian karya juga menyala berkedap-kedip. Karya seni instalasi berjudul 'Happy Balangsak' itu menjadi daya tarik menarik bagi pengunjung di dalam eksibisi 'BBuzzShow@Jakarta'.

Project manager bagi karya 'Happy Balangsak', Sandy Tisa mengatakan karya komunitas Invalid Urban memang tidak terpatok dengan barang mahal dan baru.

Baca Juga: 14 Seniman Pendatang Baru Pameran 'BBuzzShow' di Jakarta

Komunitas Invalid Urban asal Bandung memajang karya 'Happy Balangsak' di Galeria FatahillahKomunitas Invalid Urban asal Bandung memajang karya 'Happy Balangsak' di Galeria Fatahillah Foto: Tia Agnes/ detikHOT


"Di sekeliling yang rusak bisa kami jadikan cantik. Makanya kami menggunakan barang-barang bekas dan tidak terpakai," tutur Sandy Tisa, di Galeria Fatahillah, saat malam pembukaan Rabu (10/5) lalu.

Para anggota Invalid Urban pun terdiri dari beragam jurusan, misalnya seni rupa, pentas, desain grafis, seni lukis, seni patung, dan mekanik. Sandy Tisa menceritakan awalnya komunitasnya ditawari mengisi 100 meter persegi ruang pameran untuk sebuah karya besar.

"Kami langsung terpikirkan untuk membuat ini dan Clara Shin juga suka. Karya ini juga merayakan usia kami yang ke-17 dan episode karya yang ke-24," pungkas Sandy Tisa.

Karya Invalid Urban Bandung masih bisa disaksikan hingga 30 Mei mendatang di Galeria Fatahillah, kawasan Kota Tua, Jakarta Barat.


(tia/doc)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed