Mari Rayakan Kelahiran Affandi di Google Doodle di Hari Buruh

Tia Agnes - detikHot
Senin, 01 Mei 2017 12:00 WIB
Foto: Google (ist)
Jakarta -
Affandi muncul di Google Doodle hari ini. Bertepatan dengan Hari Buruh 2017, pelukis kenamaan asal Indonesia, Affandi, merayakan ulang tahun yang ke-110. Jika Anda membuka laman Google, maka potret wajahnya muncul dengan sapuan khas dari gaya Affandi di laman pencarian Google.

"Letakkan peralatan kerjamu, tutup laptopmu, dan bersantailah di Hari Buruh 2017," demikian pernyataan Google mengenai Google Doodle Affandi, seperti dikutip detikHOT, Senin (1/5/2017).

Google menuliskan adanya doodle Affandi hari ini untuk mengenang kelahiran Affandi. "Garis-garisnya seperti guratan Affandi, luwes, dan bersemangat, dengan warna-warna yang dulu biasa dipakainya," tulis Google.

Foto: Ayu Ting Ting Santai Setahun Diserang Isu Amsterdam Bareng Raffi Ahmad

Affandi Koesoema merupakan pria kelahiran 1907 silam asal Cirebon. Dia dikenal sebagai Maestro Seni Lukis Indonesia dengan gaya ekspresionisme dan romantisme yang khas. Bakat melukisnya turun pada Kartika Affandi (putri dari istri pertama Maryati) yang gaya ekspresionisnya sangat mirip sekali dengan Affandi.

Karya-karya dari Affandi tak hanya dikenal di Indonesia saja tapi juga mendunia. Kurator independen, Enin Supriyanto, saat jumpa pers Paviliun Indonesia di Venice Art Biennale 2017 beberapa waktu lalu, pernah mengatakan di tahun 1954 Affandi menjadi seniman Indonesia pertama yang mengikuti pameran seni rupa tertua di dunia, Venice Art Biennale. Nama Affandi masuk dalam arsip lembaga resmi di Venice Art Biennale.

Saat itu, Affandi menampilkan 16 lukisan dan satu patung. Di akhir dekade 40-an hingga 50-an, Affandi kerap berkelana keliling dunia untuk melukis dan memajang karya di belahan benua Eropa. Lukisan-lukisan Affandi pun harganya melejit di balai lelang internasionl.

Affandi tutup usia pada 23 Mei 1990, setelah menghasilkan lebih dari dua ribu lukisan. Affandi dikenal pula sebagai pelukis paling produktif, dan kini karya-karyanya bisa dinikmati di Museum Affandi di Yogyakarta. (tia/kmb)