DetikHot

art

BEKRAF Dukung Paviliun Indonesia di Venice Art Biennale 2017

Kamis, 27 Apr 2017 17:59 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
BEKRAF Dukung Paviliun Indonesia di Venice Art Biennale 2017 BEKRAF Dukung Paviliun Indonesia di Venice Art Biennale 2017 Foto: Tia Agnes
Jakarta - Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF) mempersembahkan karya terbaik Indonesia dalam pameran seni rupa inernasional La Biennale di Venezia atau lebih dikenal dengan sebutan Venice Art Biennale. Untuk pertama kalinya, BEKRAF mendukung Paviliun Indonesia yang mengusung seniman Tintin Wulia di pameran seni rupa tertua di dunia tersebut.

"Ini kali pertama di tahun 2016 kami kelimpahan mandat dari Kementerian Pariwisata untuk memfasilitasi keikutsertaan Indonesia di biennale-biennale internasional. Secara resmi juga sudah disampaikan ke pengelola Venice Art Biennale," tutur Wakil Kepala BEKRAF Ricky Pesik saat jumpa pers di Plataran Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (27/4/2017).

Ikut sertanya Indonesia di Venice Art Biennale 2017, lanjut dia, sesuai dengan arahan Jokowi agar Indonesia di platform besar bisa menampilkan wajah Indonesia modern.

"Tidak hanya yang tradisional saja. Itu yang disampaikan oleh Pak Jokowi kepada BEKRAF," terangnya.

BEKRAF Dukung Paviliun Indonesia di Venice Art Biennale 2017BEKRAF Dukung Paviliun Indonesia di Venice Art Biennale 2017 Foto: Tia Agnes
Paviliun Indonesia pertama kali hadir pada 1954 silam dengan perupa Affandi yang memajang 17 lukisan dan satu patung. Nama Affandi mengharumkan Indonesia di masa itu dan sejarahnya tercatat di lembaga arsip resmi Venice Art Biennale. Di tahun 2003, Heri Dono diundang tapi tidak mewakili negara secara resmi.

Selanjutnya di tahjn 2005, 2007, 2013, dan 2015 Paviliun Indonesia turut memajang karya anak bangsa. "Namun kehadirannya belum dikonfirmasi dalam lembaga resmi Venice Art Biennale, yang baru ada di arsip hanya nama Affandi," timpal Direktur Artistik Paviliun Indonesia untuk Venice Art Biennale, Enin Supriyanto.

Penggarapan Paviliun Indonesia pun melibatkan banyak pihak. Di antaranya adalah komisioner Ricky Joseph Pesik yang juga Wakil Kepala BEKRAF, deputi komisioner yang terdiri dari Melani W.Setiawan, Amalia Wirjono, Diaz Parzada, Enin Supriyanto selaku direktur artistik, dan kurator Agung Hujatnikajennong.

Venice Art Biennale sendiri berlangsung mulai 13 Mei hingga 26 November mendatang di Arsenale, Venesia, Italia.
(tia/dar)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed