Peringati 89 Tahun, Sandiwara Miss Tjitjih Gelar Pertunjukan di Jakarta

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 26 Apr 2017 18:51 WIB
Foto: Tia Agnes
Jakarta - Memperingati ulang tahun yang ke-89, Kelompok Sandiwara Sunda Miss Tjitjih menggelar pertunjukan. Berjudul 'Napak Tilas Sri Panggung' pentasnya berlangsung di Graha Bakti Budaya (GBB), kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM), malam ini.

'Napak Tilas Sri Panggung' mengisahkan perjuangan Miss Tjitjih yang menjadi primadona sekaligus sosok di balik kepopuleran sandiwara yang berdiri 1928 silam.

"Tepat di bulan Maret 89 silam, Miss Tjitjih dan Abubakar Bafagih hijrah ke Batavia. Dan menetap di tanah kosong sebelah bioskop REK di Kramat Munde, Senen, Jakarta Pusat," ujar sutradara Kelompok Sandiwara Miss Tjitjih, Imas Darsih ditemui Rabu (26/4/2017).

Imas DarsihImas Darsih Foto: Tia Agnes
Kisah di atas panggung kali ini diangkat dari usia Miss Tjitjih pada 18 tahun, bertemu dengan Bafagih yang menjadi suaminya, berkenalan sampai menikah.

"Jadi diangkatnya cerita ini sampai Miss Tjitjih wafat di panggung saat lakon Gagak Solo. Saat itu suaminya bilang jangan pentas karena sudah sakit-sakitan tapi Miss Tjitjih keukeuh mau pentas, karena mau hibur penontonnya," pungkasnya.

Rangkaian 89 Tahun Kelompok Sandiwara Sunda Miss Tjitjih sudah berlangsung sejak kemarin. Serangkaian acara dialog interaktif, pameran arsip, hingga acara puncak bakal digelar malam ini di GBB, TIM. (tia/dar)