DetikHot

art

Mencari Tahu 'Siapa Itu Buruh?' di Labour Cultural Exhibition

Rabu, 26 Apr 2017 18:38 WIB  ·   Dicky Ardian - detikHOT
Mencari Tahu Siapa Itu Buruh? di Labour Cultural Exhibition Foto: dok. Bagus Setyo Nugroho
Jakarta - Menyambut Hari Buruh Internasional yang akan jatuh pada 1 Mei mendatang, sebuah pameran dengan tema pekerja pun digelar. Melibatkan 10 seniman muda, acara tersebut mengambil tema 'Labour Cultural Exhibition: Siapa Itu Buruh?'.

Berlokasi di Gudang Sarinah Ekosistem, Pancoran, Jakarta Selatan pameran dibuka selama 4 hari, sejak 25 hingga 28 April mendatang. Pembukaan pameran dilakukan oleh Andriani, Direktur Pengupahan Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI dan Jamsos) Kementerian Ketenagakerjaan.

Yang menarik, pameran tersebut melibatkan 10 seniman muda yang ikut berkecimpung dalam acara yang digagas oleh Trade Union Rights Centre dan Jakarta 32C tersebut. Mereka mencoba untuk membuka tabir seluk beluk hidup buruh yang mereka ilustrasikan dalam berbagai bentuk hasil karya seni.

Salah satu seniman muda tersebut adalah Bagus Setyo Nugroho. Pria kelahiran 26 Juli 1996 tersebut mengangkat pertanyaan menarik, cukupkah gizi para pekerja?

Mencari Tahu 'Siapa Itu Buruh?' di Labour Cultural ExhibitionFoto: dok. Bagus Setyo Nugroho
"Dengan lahir dari keresahan cara jam kerja buruh yang berat, maka muncul sebuah pertanyaan besar dan kekhawatiran akan gizi yang didapat setiap buruh. Keharusan datang pagi ke kantor atau pabrik, membuat buruh seringkali lupa akan kegiatan yang cukup penting dilakukan selain beribadah," katanya kepada detikHOT, Rabu (26/4/2017).

Bagus mengatakan tema tersebut ia aplikasikan ke dalam bentuk audio visual yang telah digarapnya selama seminggu. Hasilnya, dua video art looping dan satu video dokumentasi berdurasi 10 menit untuk dinikmati pada pameran tersebut.
(dar/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed