DetikHot

art

Seniman Ben Turnbull Ciptakan Kolase dari Lembaran Buku Komik

Rabu, 26 Apr 2017 15:03 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Seniman Ben Turnbull Ciptakan Kolase dari Lembaran Buku Komik Foto: CNN
Jakarta - Teknik kolase atau komposisi artistik dari berbagai bahan tengah ngetren di kalangan seniman. Tak hanya hits di Indonesia, tapi di negara Inggris, banyak seniman yang menciptakan karya seni dengan teknik tersebut.

Seniman pop modern Ben Turnbull adalah salah satu yang mempopulerkan teknik kolase. Uniknya, karya yang berhasil diciptakannya terinspirasi dari budaya ekstrem Amerika. Lewat pameran tunggal di Galeri Saatchi, London, Turnbull sekali lagi melihat segala peristiwa di Amerika, yang kali ini fokusnya kepada perang ekspor Amerika.

"Saya menciptakan karya 'No Guts No Glory' yang menampilkan perjalanan tiga marinir di Vietnam. Apa yang membawa mereka ke sana, apa yang mereka lakukan di sana, dan bagaimana mereka terbunuh. Dan tekniknya menggunakan kolase dari lembaran-lembaran buku komik," tuturnya dilansir dari CNN, Rabu (27/4/2017).

Bahan yang diambil untuk karyanya tersebut tidak hanya dari buku dan film yang ada saat era tersebut, tapi juga mencari material lainnya.

"Semua barang diambil dari citra historis, kata-kata, fashion, poster propaganda. Ini imajiner dalam arti bahwa saya telah mengubahnya. Ada juga material kartu pos yang berasal dari kartu pos yang sebenarnya dikirim dari Vietnam oleh para marinir ini," cerita Turnbull.

Eksibisi 'No Guts No Glory' digelar mulai dari 11 April hingga 8 Mei 2017 di Saatchi Gallery di London.

Baca Juga: Nindityo Adipurnomo Gelar Pameran Tunggal 'Unit Produksi Berita'



(tia/mah)
Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed