DetikHot

art

Jijik! Seniman Austria Gelar Pertunjukan Mandi Darah Binatang

Kamis, 20 Apr 2017 11:21 WIB  ·   Devy Octafiani - detikHOT
Jijik! Seniman Austria Gelar Pertunjukan Mandi Darah Binatang Foto: Reuters
Jakarta -

Seorang seniman asal Austria, Hermann Nitsch menggelar sebuah pertunjukan seni yang melibatkan darah binatang dalam gelarannya. Pertunjukan yang diberi tajuk 'Orgy Mystery Theater' ini menggunakan lima ratus liter darah Banteng yang ditumpahkan pada sejumlah orang yang berpartisipasi dalam pertunjukan.

Dikutip Huffington Post, Kamis (20/4/2017), seniman yang ternyata sudah beberapa kali menuai kontroversi dari pertunjukan ini mengajak beberapa pria yang ia sebut murid-muridnya ke dalam pertunjukan dengan mengenakan pakaian berwarna putih.

Mereka lantas dilibatkan dalam 'kekacauan' sambil menyembelih seekor Banteng yang mati dan menggunakan darahnya sebagai bagian dari pertunjukan baik air yang mereka ciprat bahkan siramkan ke tubuh.

Jijik! Seniman Austria Gelar Pertunjukan Mandi Darah BinatangFoto: Georg Soulek



Pertunjukan ini tentu terlihat begitu aneh sekaligus mengerikan.

Akan digelar di Museum of Old dan New Art's Dark Mofo Festival di Tasmania, Juni mendatang, namun sejumlah protes telah bermunculan dari serikat pecinta binatang. Mereka mengirimkan protes lewat petisi yang mengatakan mengutuk menggunakan bangkai binatang sebagai bagian dari seni.

Pernah diprotes dalam hal yang sama, Nitsch mengungkapkan pertunjukan ini sebagai simbol dari pengungkapan ekspresi dasar yang dimiliki manusia namun seringkali dipendam.

"Kita perlu menyadari eksistensi tersebut dan menyadari bahwa hal itu ada. Sebuah sensasi yang menggambarkan intesitas sensual," ujar Nitsch.

Hal senada juga diungkapkan pihak Dark Mofo Festival. Mereka menilai, pertunjukan sang seniman dapat menjadi cermin dari perilaku manusia pada kehidupan.

"Apa yang kita lakukan saat ini berimplikasi pada sesuatu yang akan datang. Di masa lampau, seniman mungkin menggunakan cat namun kini bedanya ia menggunakan darah dan daging."

Bagaimana menurut anda?


(doc/doc)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed