DetikHot

art

Rayakan Hari Kartini, Tiga Perupa Perempuan Gelar Pameran di Jakarta

Selasa, 18 Apr 2017 08:35 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Rayakan Hari Kartini, Tiga Perupa Perempuan Gelar Pameran di Jakarta Foto: Galeri Nasional Indonesia
Jakarta - Bertepatan dengan Hari Raya Kartini, tiga perupa perempuan menggelar pameran 'Time Lovers"- Kreativitas Ibu Sepanjang Masa'. Tema yang terinspirasi dari lagu anak di era 1970-an berjudul 'Kasih Ibu' itu dibuka pada 21 April mendatang.

Kurator Citra Smara Dewi mengatakan pameran ini memiliki makna tersendiri. "Karena terdapat upaya melakukan eksplorasi estetis melalui pendekatan medium baru," tuturnya, Selasa (18/4/2017).

Misalnya saja, karya pelukis kaca kontemporer Rina Kurniyati, yang menggunakan medium kaca dan enamel dalam berkarya. "Melalui karya-karya lukisan kaca hyper realis, Rina seakan ingin "mematahkan" anggapan bahwa melukis realis yang selama ini hanya dapat dicapai melalui cat minyak/acrilik diatas kanvas," kata Citra.

Perupa Ika Yuni Purnama pun lebih menonjolkan komposisi dalam setiap karya-karyanya. Sementara Neneng Sia Ferreir memiliki kekuatan dalam menghadirkan figur-figur dengan "leher jenjang" dalam setiap karyanya.

"Neneng juga menampilkan karya instalasi dengan tema lotus, karya instalasi ini merupakan satu-satunya yang karya "mixed media" dari total 24 karya seni lukis yang dipamerkan dari 3 seniman," lannjut Citra.

Pameran Perupa Perempuan "Time Lovers", berlangsung pada 21 April – 6 Mei 2017, di Gedung B Galeri Nasional Indonesia. Rencananya, pameran akan dibuka oleh Sukmawati Sukarno Putri.


(tia/doc)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed