DetikHot

art

Spektakuler! Patung Bawah Laut Damien Hirst Dijual Rp 66 Miliar

Kamis, 13 Apr 2017 12:24 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Spektakuler! Patung Bawah Laut Damien Hirst Dijual Rp 66 Miliar Foto: Getty Images
Jakarta - Damien Hirst selalu muncul dengan karya seni kontroversial. Setelah menampilkan hiu mati yang diformalin, kepala sapi terputus dan tengkorak abad ke-18, kini dia muncul dengan ide lainnya. Lewat pameran seni 'Treasures From the Wreck of the Unbelievable' di Venesia, Hirst menggambarkan sisa-sisa kapal karam dan patung bawah laut.

Menurut New York Times, biaya produksi 'Treasure' tidak terbilang mahal namun lantaran diletakkan di dalam laut, biayanya potensial dibeli kolektor. Dikutip berbagai sumber, Kamis (13/4/2017), pameran ini berkisah cerita mistis dari kapal karam yang ditemukan di lepas pantai Afrika Timur di tahun 2008.

Reruntuhan pesawat diduga berisi harta karun milik seorang budak Turki yang hidup antara abad pertama dan kedua. Ketika kapalnya karam, harta termasuk patungnya pun hilang selama berabad-abad.

Spektakuler! Patung Bawah Laut Damien Hirst Dijual Rp 66 Miliar Foto: Getty Images


Untuk menambah mistik karyanya tersebut, Hirst meminta timnya untuk mendokumentasikan seperti film dokumenter. Dia pun meminta beberapa ahli untuk memulihkan harta karun atau patung-patung bawah laut tersebut.

Hirst pun mengomentari pamerannya. "Ketika Anda seorang seniman, yang Anda lakukan adalah berpikir tentang dunia kita hidup sekarang ini. Dan semua pembohong berjalan di depan kita (pemerintah), maka saya lebih percaya masa lalu dengan segala macam cerita," katanya.

Kabarnya, karya yang diciptakan Damien Hirst dijual hingga puluhan miliar rupiah. Damien Hirst dikenal sebagai seniman kaya asal Inggris. Peraih Young British Artist itu pernah menerima Turner Prize dalam karya-karya fenomenalnya.



(tia/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed