DetikHot

art

Seniman Irlandia Utara Bikin Potret Donald Trump dari Lego

Jumat, 07 Apr 2017 09:22 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Seniman Irlandia Utara Bikin Potret Donald Trump dari Lego Foto: Istimewa
Jakarta - Sosok Donald Trump jadi yang paling dikenal di penjuru dunia. Seniman asal Belfast, Irlandia Utara, yang bernama David Turner menjadikan wajah Trump menjadi sebuah karya seni dan terbuat dari lego.

Karya-karya yang dipamerkan merupakan bagian dari seri politisi, revolusioner, diktator, perdana menteri, dan presiden. "Ketika saya muda, saya selalu melihat sosok mereka di pemberitaan," ujar Turner dikutip dari BBC, Jumat (7/4/2017).

Ide penggunaan material lego diakui Turner didapatkan dari kesenangannya bermain lego. "Saya tahu lego sejak saya kecil. Ide penggunaan lego ini sepeti takdir," tambahnya lagi.

Tak hanya Donald Trump berusia sekitar 14-17 tahun saja yang digambarkan oleh Turner, tapi juga ada sosok Nelson Mandela dan Mao Zedong. Meski begitu wajah Trump dengan lego yang paling digemari publik.

"Donald Trump adalah karakter yang kontroversial dan ia mendapatkan pemukulan di media. Yang saya tampilkan adalah plesetan dari penggambaran media, bukan pendapat pribadi saya. Pulukan bagaimana ia sedang digambarkan sekarang," tuturnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, ia telah berpindah medium dari lukisan menjadi material lego. Ketika dia masih kuliah, Turner sempat mereproduksi gambar koran dari Troubles lalu menjadikannya karya seni. Empat tahun lalu, dia baru menggunakan lego sebagai materialnya.

"Karya pertama yang saya buat dari lego adalah pistol. Tapi sekarang yang saya pamerkan adalah otobiografi dan memori yang pernah ada saat saya tumbuh di Belfast," pungkasnya.


(tia/doc)
Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed