Bob Dylan Akhirnya Putuskan Terima Nobel Sastra Akhir Pekan Ini

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 30 Mar 2017 08:41 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Lama bungkam dan tak menghadiri malam penganugerahan yang berlangsung Desember lalu, akhirnya Bob Dylan akan menerima Hadiah Nobel Sastra. Penerimaan penghargaan tersebut berlangsung akhir pekan ini.

Juru biccara Nobel, Sara Danius, mengumumkannya dalam sebuah pernyataan pada Rabu (29/3) lalu. "Akademi Swedia sangat berharap banyak untuk akhir pekan ini dan Bob Dylan akan muncul di pertunjukan yang sudah dijadwalkan," ujarnya dilansir dari berbagai sumber.


"Di salah satu pertunjukan Akademi Swedia akan menyerahkan medali Nobel serta mengucapkan selamat atas Hadiah Nobel Sastra. Penyerahan akan menjadi intim dan tidak ada media yang hadir. Hanya Bob Dylan dan anggota Akademi saja, semua sesuai dengan keinginan Dylan," tutur Sara lagi.

Oktober lalu, nama Bob Dylan dianugerahi Nobel Sastra. Akhir keputusan dewan juri, banyak menimbulkan perdebatan di ranah sastra. Dylan sendiri tidak mengakui keputusan tersebut selama hampir dua minggu lamanya, hingga salah seorang anggota Akademi menyebutnya 'sombong'.

Namun, akhirnya penyanyi folk itu mengakui kemenangannya dan mengatakan, "Penganuegarahan Nobel Sastra itu menakjubkan, dan luar biasa. Siapa yang bermimpi untuk mendapatkan penghargaan?" tutur Dylan saat itu.

Saat malam penganugerahan di Swedia, Patti Smith memberikan penghormatan di atas panggung. Kritikus sastra sekaligus sejarawan Horace Engdahl juga membacakan sambutan yang ditulis Dylan.

Rencananya, Dylan akan menggelar konser di Stockholm pada 1-2 April dan di kota Lund, Swedia pada 9 April.

(tia/doc)