DetikHot

art

Gelar Pameran Bersama, Aliansyah Caniago dan Boo Ji Hyun Eksplorasi Jakarta

Rabu, 29 Mar 2017 09:20 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Gelar Pameran Bersama, Aliansyah Caniago dan Boo Ji Hyun Eksplorasi Jakarta Foto: Istimewa
Jakarta - Dua seniman asal Indonesia dan Korea, Aliansyah Caniago dan Boo Ji Byun segera membuka pameran kolektifnya hari ini. Eksibisi berjudul 'Renungan Seniman terhadap Lingkungan: Dokumentasi Sepuluh Hari' itu mengeksplorasi kota Jakarta dan segala permasalahan lingkungannya.

Pameran yang merupakan proyek berbentuk proses eksperimental artistik dan dilakukan selama 10 hari tersebut mengeksplorasi kawasan 'air Jakarta'. Mereka menjelajahi kawasan Sunda Kelapa dan sekitar Sungai Ciliwung.

"Sunda Kelapa dipilih karena lokasinya yang berada di bagian utara Jakarta dan tempat sejarah awal kota," tutur Aliansyah, dalam keterangannya, Rabu (29/3/2017).

Boo yang berasal dari Pula Jeju, bagian dari peninsula Korea yang terbesar sekaligus terjauh di selatan negara itu juga bekerja sama dengan warga untuk menyosialisasikan masalah lingkungan di sekitar tempat tinggal mereka.

"Dari sini, sebuah karya instalasi dibentuk dari barang buangan," timpal Boo.

Boo dikenal dengan karya seni instalasi yang menggunakan lampu memancing terbuang. Kali ini, dia membentuk karya seni instalasi dari botol air sampah. Sedangkan Aliansyah menampung air laut berpolusi dan membuat parfum dari bau air tersebut.

Keduanya pun menampilkan sebuah video dokumenter. "Harapan kami adalah proyek ini dapat menggunakan seni sebagai alat pembentuk kesadaran sosial," pungkas Aliansyah.

Dikuratori oleh Kim Byung Un, pameran ini terselenggara berkat Korea Arts Management Service (KAMS) dan Next Expert Training (NEXT). Eksibisi dibuka hari ini dan berlangsung hingga 30 Maret mendatang di SPACE: Gallery + Workshop, Jalan Terogong Raya 36J, Cilandak Barat, Jakarta Selatan.


(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed