Karya Seni Banksy di Hotel Tepi Barat Palestina

Tia Agnes - detikHot
Senin, 06 Mar 2017 14:16 WIB
Foto: BBC
Jakarta - Seniman jalanan asal Inggris Banksy selalu menampilkan karya seni menarik setiap tahunnya. Di awal tahun ini, dia justru mendekorasi sebuah hotel yang berada di Tepi Barat Palestina dan saat ini masih difungsikan sebagai galeri seni.

Dilansir dari BBC, Senin (7/3/2017), hotelnya disebut sebagai hotel dengan pemandangan terburuk. Gara-gara cap tersebut, hotel bernama The Walled Off Hotel menarik perhatian internasional.

Hotelnya dibangun di sekitar menara intai tentara Israel dan di seberang beton pembatas di Tepi Barat. Pemilik hotel yang berkolaborasi dengan Banksy sengaja melakukannya sebagai simbol penindasan bagi rakyat Palestina.

Simak: Prilly Latuconsina Tengah Menulis Buku Puisi Kedua

Setiap kamar didekorasi dengan karya-karya dari Banksy. "Akuntan saya khawatir beberapa orang akan takut melakukan perjalanan ke Tepi Barat. Tapi saya mengingatkan da untuk menghabiskan sepanjang waktu di Weston-super-Mare," ujar Banksy. Nama Weston-super-Mare merujuk pada taman dystopian di pantai Inggris.

Karya Seni Banksy di Hotel Tepi Barat PalestinaFoto: BBC


Di salah satu kamar hotel, terdapat karya Banksy yang menampilkan seorang tentara Israel dan pemuda Palestina yang wajah ditutupi sedang melakukan perang bantal. Sedangkan Presidential Suite didekorasi dengan gaya kolonial seperti kelab Inggris.

"Namun suasananya kami perhalus ditambah dengan bathup air hangat dan gambar-gambar buatan saya lainnya. Area restoran hotel juga dihiasi dengan palu godam, ketapel, dan kamera pengintai sebagai simbol penjagaan di negara konflik tersebut.


(tia/doc)