detikHot

art

Eko Supriyanto Bawa Tarian 'Balabala' ke Jepang

Kamis, 16 Feb 2017 15:34 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes/ detikHOT Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Pertunjukan Eko Supriyanto tak berhenti sampai di Sydney Festival 2017 saja. Bersama kelompok Ekos Dance Company, Eko membawa gelaran tersebut ke negeri Sakura.

Seperti yang diinformasikan di akun resmi Ekos Dance Company. "#balabalaworldtour2017 #ekosdancecompany #jailolo my dancer for ❤❤❤🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨 @jokowi @Kemendikbud_RI @BekrafID @Triawan," tulis Eko, seperti dikutip Kamis (16/2/2017).

Dalam 'Balabala', Eko menampilkan lima penari perempuan asal Jailolo, Halmahera Barat, yang menari beriringan dengan irama musik yang dikomposisi oleh Nyak Ina Raseuki. Bersama para penari, mereka membongkar irama dan bentuk tarian perang Cakalele dan Soya-soya yang biasanya digerakkan oleh laki-laki.

"Di Halmahera Barat, tarian ini dilakukan oleh laki-laki generasi sesepuh. Ketika dilakukan anak remaja tidak ada kesenjangan lagi, para penari laki-laki kaget mereka mampu menarikannya dengan baik sekali," ujar Eko, belum lama ini.

Eko pernah mengatakan tak hanya 'Balabala' saja yang dibawa tur keliling dunia. Namun, pentas 'Balabala'bakal hadir di Belgia, Jerman, Belanda, dan negara lainnya.


(tia/mmu)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com