Sisi Lain Margaret Yap dan Addy Debil Dipamerkan di Suar Artspace

Tia Agnes - detikHot
Senin, 06 Feb 2017 10:10 WIB
Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Margaret Yap dan Addy Debil dikenal dengan karya ilustrasi dan doodle yang unik. Dua kali pernah berkolaborasi dalam 'Beautiful Matters I' dan 'Beautiful Matters II', kini keduanya menampilkan sisi yang berbeda dan lain dari biasanya.

Dalam 'Tell Tale', mereka meluncurkan dua buah buku serta pameran instalasi di Suar Artspace, akhir pekan lalu. Galeri yang terletak di kawasan Erudio School of Art itu memulai pembukaan eksibisi dengan peluncuran buku anak-anak 'Kemacetan di Bulan' karya Margaret dan 'Monster's Tale' karya Addy.

Perempuan yang akrab disapa Reta itu mengatakan buku cerita anak-anaknya terinspirasi dari perjalanan keliling Indonesia. "Dari tahun lalu saya lagi mengeksplor dari Barat ke Timur, ke pulau-pulau dan gunung-gunung, dari situ bikin karakter. Jadi seperti buku perjalanan," ujarnya di Suar Artspace, akhir pekan lalu.

Simak: Daniel Radcliffe Masih Enggan Nonton 'Harry Potter and The Cursed Child'

Sisi Lain Margaret Yap dan Addy Debil di Suar ArtspaceFoto: Tia Agnes/ detikHOT


Reta mengibaratkan tempatnya tinggal sebagai "bulan" yang penuh dengan kemacetan dan hiruk pikuk masyarakat kota. Dari bulan, dia menjelajah ke Bangka Belitung, Pulau Komodo, Nusa Penida, dan lokasi-lokasi lainnya. Dalam penjelajahannya, dia bertemu dengan cerita "monster" ala Addy.

Addy yang terbiasa melukis di dinding kali ini mengaku mediumnya berbeda. Dia melukis di buku dan di atas kain untuk bahan pameran. Tema "monster" pun diakuinya sebagai sesuatu di luar normal. "Monster ini cocok untuk mewakili kegilaan dan kreativitas. Ada sesuatu yang beda dan saya memang mau mengeksplor monster," ujarnya.

Bagi keduanya buku cerita anak-anak memiliki peran penting dalam kehidupan mereka. "Kami bisa menjadi seniman ilustrasi seperti sekarang ini karena buku-buku yang kami baca waktu kecil," timpal Reta.

Sisi Lain Margaret Yap dan Addy Debil di Suar ArtspaceFoto: Tia Agnes/ detikHOT


Dua buku yang diluncurkannya bukan hanya dapat dibaca oleh anak-anak tapi bisa dinikmati pembaca dewasa. Selain buku, Reta dan Addy juga menampilkan instalasi mix-media yang akan membawa pengunjung dapat merasakan pengalaman baru dalam cerita yang tak hanya tergambar sebatas kertas-kertas, tapi juga ruang imajinasi.

Tak hanya itu, kutipan-kutipan bertinta emas di dalam buku pun dipilih dengan ciamik. Eksibisi 'Tell Tale' masih dapat dilihat pengunjung tanpa biaya masuk hingga 25 Februari mendatang di Suar Artspace, Jalan Lebak Bulus I No.55, RT.3/RW.4, Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

(tia/tia)