Seniman Mangu Putra Pameran Tunggal di Gajah Gallery Singapura

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 24 Nov 2016 17:31 WIB
Foto: Gajah Gallery
Jakarta - Gajah Gallery Singapura mempersembahkan sebuah pameran tunggal seniman kontemporer Mangu Putra. Eksibisinya dibuka malam ini dan menampilkan karya-karya terbarunya.

Di lukisan-lukisan terbarunya, seniman asal Bali itu meneliti ulang rekaman arsip bersejarah masa penjajahan Belanda di Bali pada awal hingga pertengahan era 1900-an. Mangu Putra terlebih dahulu melakukan penelitian selama satu dekade untuk mengungkapkan kisah-kisah veteran Indonesia dan para pejuang revolusi.

Dalam keterangannya, Kamis (24/11/2016), Mangu Putra menggunakan foto-foto kolonial yang merupakan arsip Belanda dan diterbitkan oleh Lembaga Belanda. Karya-karya dari lulusan Desain Komunikasi Visual (DKV) membayangkan ulang adegan ulang kejadian bersejarah, dan menempatkan lagi orang-orang Bali di pusat.

Sejak 1999 silam, Mangu Putra telah melakukan eksibisi solo di dalam negeri dan mancanegara. Seperti yang terbaru-baru di KIAF Seoul, Korea Selatan yang bertajuk 'Teater Rakyat' (2011), dan Gajah Gallery Singapore 'Silent Word' (2008).

Pameran tunggal berjudul 'Between History and the Quotidian' atau 'Antara Sejarah dan yang Terjadi Setiap Hari' bakal berlangsung pada 25 November-11 Desember di Gajah Gallery Singapore, 39 Keppel Road #03-04, Singapura.

(tia/mmu)