DetikHot

art

Lukisan Frida Kahlo yang Jadi Misteri Akhirnya Terjual

Kamis, 24 Nov 2016 14:20 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Lukisan Frida Kahlo yang Jadi Misteri Akhirnya Terjual Foto: Getty Images
Jakarta - Baru saja ditemukan setelah 60 tahun, lukisan Frida Kahlo akhirnya dilelang di lelang seni Amerika Latin Sotheby pada Selasa (22/11) lalu. Lukisan berjudul 'Nina con Collar' itu awalnya menjadi misteri.

Kepala Seni Amerika Latin Sotheby, Axel Stein, mengatakan karya Frida Kahlo merupakan serangkaian lukisan luar biasa untuk seni modern Amerika Latin. Harga yang diprediksi awalnya senilai Rp 20-25 juta namun ternyata bisa melonjak mencapai setara Rp 22,7 miliar.

"Lukisannya sangat fantastis," ujar Stein dilansir dari Reuters, Kamis (24/11/2016).

Baca Juga: Suara Hati Lelaki, Eksebisi Foto Anti Kekerasan

Lukisan 'Nina con Colllar' yang berarti gadis dengan kalung itu tidak pernah terlihat di depan publik selama enam dekade. Dilukis pada 1929, goresan cat minyak di atas kanvas itu menjadi salah satu dari karya 20 seniman Meksiko yang dilelang.

"Keunggulan dari Frida Kahlo adalah ini lukisan potret diri, termasuk alisnya dan tatapan penuh frontal," kata dia lagi.

Karya Kahlo itu terungkap ketika seorang mantan asisten studio yang kini berusia 90 tahun menghubungi Balai Lelang Sotheby. Di pasar seni internasional, dia mengakui telah bekerja dengan Kahlo selama puluhan tahun. Mei lalu, Christie juga menjual lukisan Kahlo senilai $15 juta.

Salah satu alasan lukisan Kahlo sangat dihargai di ranah pasar internasional karena selama ini Meksiko melarang ekspor karya-karya seniman lokalnya. Pemerintah Meksiko beralasan, hal itu untuk melestarikan warisan budaya nasional.



(tia/mmu)

Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed