DetikHot

art

Lukisan Tersembunyi Frida Kahlo Akhirnya Dilelang

Selasa, 15 Nov 2016 15:37 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Lukisan Tersembunyi Frida Kahlo Akhirnya Dilelang Foto: Getty Images
Jakarta - Seniman fenomenal Frida Kahlo dikenal sebagai perupa Meksiko dengan lukisan "selfie"-nya. Enam puluh tahun setelah disembunyikan, lukisan Frida Kahlo yang belum pernah dipamerkan keberadaannya akan dilelang minggu depan di Balai Lelang Sotheby, New York.

Lukisan berjudul "Nina con Collar", (Girl with Necklace) yang dibuat pada 1929 akan dilelang pada 22 November dengan penjualan yang diprediksi Rp 20 juta hingga Rp 25 juta. Kepala seni Amerika Latin di Sotheby, Axel Stein, mengatakan selama ini lukisannya tergantung di sebuah rumah di California.

"Selama 60 tahun tergantung di rumah California dan lukisannya terlihat sangat segar," katanya, dikutip dari Selasa (15/11/2016).

Lukisan 'Nina con Collar' adalah satu di antara 20 lukisan fenomenal Frida Kahlo. Modelnya adalah seorang gadis berusia 13 atau 14 tahun yang tengah menatap ke arah penampil. "Ada rasa kehangatan dan kedekatan dari lukisan Kahlo," ujarnya.

Di pasar seni internasional, karya-karya Frida Kahlo berkualitas dan dicari kolektor seni. Kahlo meninggal dunia pada usia 47 di tahun 1954. Salah satu alasan Kahlo dihargai di pasar internasional karena selama beberapa dekade Meksiko telah dilarang ekspornya.

"Mereka dilarang mengekspor karyanya untuk melestarikan warisan budaya negara itu di bawah hukum warisan nasional," kata Stein.


(tia/mmu)
Photo Gallery
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed