DetikHot

art

Resmi Dibuka, ICAD 2016 Suguhkan Karya dari 7 Kolaborator Seniman

Sabtu, 08 Okt 2016 18:00 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Resmi Dibuka, ICAD 2016 Suguhkan Karya dari 7 Kolaborator Seniman Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Empat penari berpakaian serba merah muncul di antara pengunjung. Gerakannya yang perlahan dengan ritme sedang bergerak beraturan. Lambat laun, dua penari pria dan perempuan beradu, tarik-tarikan, lalu seakan menyatu menjadi satu kesatuan. Seperti sepasang yang saling membutuhkan. Pertunjukan tari kontemporer sederhana yang dilakukan oleh grup tari Nan Jombang Dance Company memeriahkan pembukaan dari Indonesian Contemporary Art and Design (ICAD), pada Jumat (7/10) malam.

Berakar dari tradisi Minangkabau, grup tari asal Sumatera Barat tampil dalam waktu singkat. Di malam pembukaan, ratusan undangan yang berasal dari kolektor seni, seniman, pecinta seni hingga publik memadati setiap sudut lobi dari GrandKemang Hotel, Jakarta Selatan. Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf pun memberikan sambutannya.

"Bekraf hadir untuk selalu mendukung Indonesian Contemporary Art and Design," ujarnya membuka penyelenggaraan yang ke-7 kalinya ini.



Di ruang malam pembukaan dan pentas dari Nan Jombang Dance Company, jika ditengok ke belakang, di bagian atas ruangan terdapat karya arsitektur Budi Pradono yang bekerjasama dengan street artist Farhan Siki dan pemulung Hendra Blankon. Sepanjang lorong di ruangan yang menjadi restoran hotel terdapat karya Budi dengan konsep 'vertikal kampung'.

Selain Budi, masih ada enam proyek kolaborasi dari para seniman serta desainer lainnya. Ada Agung Kurniawan (seni rupa), Eko Nugroho (seni rupa), Hermawan Tanzil (desain grafis), Oscar Lawalata (desain tekstil), Tita Salina (urban play), dan Tromarama (videografi).

Mengusung tema 'Seven Scenes', ketujuh kolaborator dianggap sebagai pendekar yang diwakilkan di ICAD kali ini. Tahun ini, ICAD menyajikan karya yang lebih besar dan luas, serta melibatkan kolaborasi dengan berbagai kelompok pelaku kreatif serta pusat kebudayaan di Jakarta. Tak hanya berlokasi di GrandKemang, namun ICAD akan berkolaborasi dengan tempat-tempat ngehits sekaligus tongkrongan yang dikenal generasi muda.

"Beberapa tahun terakhir, ICAD lebih tajam, provokatif, tapi di usia yang ketujuh ini harus ada hal yang berbeda. ICAD menjadi diskursus yang diangkat, mimpi, dan akan seperti amuba di wilayah sekitar Kemang," tutur Art Director ICAD, Harry Purwanto, sebelum pembukaan.



Ketujuh seniman merespons perubahan kota khususnya Kemang yang mempengaruhi cara hidup dan relasi-relasi sosial masyarakat sekarang ini. Kurator pameran Hafiz Rancajale mengatakan ruang perkotaan di Kemang, secara spesifik diangkat. "Saya sudah mengkuratori yang ketiga kalinya dan pertanyaan yang timbul adalah apa yang berbeda dari enam pameran sebelumnya karena tokoh dan desainer ngetop sudah pernah hadir di sini. Jadi ada tujuh kata-kata pamungkas, tujuh pendekar yang mewakili perkembangan ICAD selama tujuh tahun ini," katanya.

Selain itu, juga akan ditampilkan berbagai produk kreatif dalam zona artist's merchandise. Produk kreatif yang ditampilkan adalah karya dari Ary Indra, Arya Panjalu, Atelir TE, Dian
Utami Ningrum, DGTMB, Fatchurohman, Gembong Wi, Harry Purwanto, Itjuk, Michelle Sonya Koeswoyo, Oscar Lawalata, Permanasari Herawaningsih, Polkaa Goods dan Rukuruku.



ICAD 2016 juga akan menampilkan karya tamu dari jakarta vintage, ACG, instalasi arsitek Italia Vico Magistretti, dan seniman asal Finlandia Tero Annanolli. Serta yang tak kalah menarik adalah tujuh karya seni instalasi fashion kontemporer dari empat seniman dan desainer. Yakni Anton Ismael (fotografi), Felicia Budi (fesyen), Mariska Soekarna (seni rupa), dan Tommy (fesyen) yang dikuratori oleh Ika Vantiani.

ICAD 2016 berlangsung mulai 7 Oktober hingga 7 Desember 2016 di GrandKemang Hotel, Jakarta Selatan. Jangan sampai terlewat!



(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed