detikHot

art

Penerbit Tak Suka Identitas Elena Ferrante Diselidiki

Kamis, 06 Okt 2016 15:36 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Istimewa/ Berbagai sumber Foto: Istimewa/ Berbagai sumber
Jakarta - Beberapa hari yang lalu, identitas Elena Ferrante terungkap karena artikel yang ditulis oleh jurnalis Claudio Gatti di New York Reviews of Books. Namun, penerbit Europa membantahnya.

"Berhenti mengepung dan mencari tahu siapa Elena Ferrante. Dia bukan seorang kriminal," ujar perwakilan penerbit, Sandro Ferri kepada La Repubblica, seperti dikutip dari Guardian, Kamis (6/10/2016).

Dia kembali melanjutkan bahwa Elena Ferrante bukanlah anggota dari Camorra, mafia yang ada di dalam seri Neapolitan. "Pengungkapan identitas Ferrante adalah hari gelap bagi jurnalisme," lanjutnya lagi.

Claudio Gatti menuliskan bahwa Elena Ferrante adalah Anita Raja, yang berprofesi sebagai seorang penerjemah. Raja bekerja sebagai penerjemah di sebuah rumah penerbitan bernama 'Europa', yang kemudian merilis karya-karya Ferrante. Gatti mengatakan dia mampu mengidentifikasi sosok Ferrante dari sistem pembayaran yang dilakukan oleh penerbit.

Debut Ferrante dimulai pada 1991 lewat novel berjudul 'Troubling Love'. Namun seri 'Neapolitan' yang terdiri dari empat novel baru meraih sukses besar di tahun 2010. Bukunya kini telah diterbitkan di 39 negara dan terjual lebih dari dua juta kopi di seluruh dunia.

Awal 2016, seri Neapolitan 'The Story of the Lost Child' dinominasikan oleh Man Booker Prize. Di biografi penghargaan tertulis, "Elena Ferrante lahir di Naples dan kita semua tahu bahwa dia adalah seseorang yang memiliki karakter tegas dan jauh dari perhatian publik."


(tia/mmu)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com