DetikHot

art

'Literaturia', Festival Literasi Pertama di Surabaya Digelar Akhir Pekan Ini

Kamis, 29 Sep 2016 09:05 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Literaturia, Festival Literasi Pertama di Surabaya Digelar Akhir Pekan Ini Foto: Istimewa
Jakarta - Untuk pertama kalinya festival literasi yang diselenggarakan oleh organisasi kepemudaan independen Surabaya Youth akan berlangsung akhir pekan ini. Bernama 'Literaturia', event ini melibatkan komunitas dan para penggiat literasi lokal, nasional, serta Pemerintahan Kota Surabaya.

Penggagas sekaligus Ketua Pelaksana Literaturia, Fazrah Heryanda mengatakan anak-anak tidak hanya punya tempat untuk berkumpul, tapi juga berbagi pengalaman. "Para peserta bisa mengikuti tiga kelas menulis yang dilaksanakan secara paralel serta ruang diskusi bersama Akhyari Hananto selaku Founder GNFI, Mutia Prawitasari penulis buku Teman Imaji, Ivana Kurniawati dari Komunitas Pecandu Buku dan Melisa Mariani dari Komunitas Blogger Buku Indonesia," ujarnya dalam keterangan, Kamis (29/9/2016).

Selain itu, di Literaturia juga terdapat kegiatan menarik lainnya. Yakni 'Chatterbus' dengan berkeliling kota Surabaya sembari berbincang dengan Bernard Batubara. Pria yang akrab disapa Benzbara itu merupakan penulis novel 'Milana', 'Surat untuk Ruth', dan karya terbarunya yaitu 'Metafora Padma'.

"Chatterbus ini jadi salah satu cara untuk membuktikan bahwa kegiatan literasi seperti membaca, menulis, dan berdiskuisi adalah hal yang menyenangkan," ujar Fazrah.

Melalui Literaturia, diharapkan mulai tumbuh kesadaran pada anak muda mengenai pentingnya literasi. Serta, komunitas-komunitas literasi di Surabaya dapat saling berkolaborasi untuk mewujudkan Surabaya sebagai kota literasi.

"Diharapkan Literaturia bisa merintis Surabaya untuk memiliki event literasi sebesar Makassar International Writers Festival, Ubud Writers Festival dan ASEAN Literary Festival," pungkasnya.


(tia/wes)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed