DetikHot

art

Peraih Nobel Svetlana Alexievich Masuk Long Listed Penghargaan Inggris

Rabu, 21 Sep 2016 08:58 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Peraih Nobel Svetlana Alexievich Masuk Long Listed Penghargaan Inggris Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Nama peraih Hadiah Nobel Svetlana Alexievich masuk dalam daftar panjang atau long listed untuk penghargaan penulisan paling bergengsi di Inggris. Karyanya yang berjudul 'Second-Hand Time' masuk dalam kategori non-fiksi.

Penghargaan yang sebelumnya dikenal dengan nama hadiah Samuel Johnson itu terbuka bagi buku yang diterbitkan dalam bahasa Inggris. Diterbitkan pertama kali oleh penerbit Fitzcarraldo Editions, wartawan asal Belarusia itu melakukan wawancara antara tahun 1991 sampai 2012.

Buku yang mengisahkan runtuhnya Uni Soviet itu oleh penyelenggara Hadiah Nobel, Swedish Academy, disebut sebagai genre baru dalam ranah sastra. Svetlana memenangkan Nobel di tahun 2015 sebagai tulisan yang mampu menjelaskan penderitaan dan keberanian sepanjang sejarah.

Di penghargaan bergengsi ini, Svetlana adalah salah satu dari 10 penulis dunia yang dipilih. Tadinya ada 180 nama penulis mancanegara yang masuk untuk kategori non-fiksi. Dalam sebuah wawancara, Svetlana mengatakan bukunya tidak membicarakan tentang sosialisme.

"Saya bertanya tentang cinta, rasa cemburu, masa kanak-kanak, orang tua, musik, tarian, gaya rambut, dan segudang rincian. Ini adalah salah satu cara untuk mengejar bencana ke dalam kerangka duniawi dan berusaha menceritakannya dalam sebuah buku," tutup Svetlana.

Tim dewan juri akan mengumumkan daftar pendek dari penghargaan tersebut pada 17 Oktober mendatang. Malam penganugerahaan dan pengumuman pemenang diresmikan pada 15 November.


(tia/dal)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed