8 Lukisan Basquiat Koleksi Johnny Depp Dilelang

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 29 Jun 2016 12:43 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Johnny Depp dikenal sebagai salah satu aktor yang gemar mengoleksi karya seni kontemporer. Salah satu seniman favoritnya adalah Jean-Michel Basquiat. Selama 25 tahun, Johnny mengumpulkan karya Basquiat.

Bulan ini, untuk pertama kalinya delapan karya seniman asal Amerika tersebut dilelang di Balai Lelang Christie, London. Karya tersebut rencananya akan mulai 29 dan 30 Juni.

Baca Juga: Legenda Broadway Kecam Parodi Drama Musikal tentang Klan Kardashian

Kepala karya seni era perang dan seni kontemporer Christie London, Edmond Francey, mengatakan pasar Basquiat sangat tinggi. "Johnny Depp hanya merasa ini saat yang tepat untuk mengambil keuntungan dari karya yang sudah dikumpulkannya sejak 25 tahun lalu. Dia hanya ingin memecahkan rekor dari bulan lalu," katanya, dilansir dari Reuters, Rabu (29/6/2016).

Mei lalu, rekor karya seni Basquiat mencapai harga Rp 753 miliar. Karya berjudul 'Untitled' yang menggambarkan adegan pasca-punk New York dilukis Basquiat di tahun 1982 silam.

Simak: Van Semprot Banksy Dilelang Rp 5,2 Miliar

Namun, Depp ingin memecahkan rekor Basquiat. Salah satu lukisan koleksinya yang berjudul 'Pork' (1981) diprediksi akan dijual antara harga Rp 44 miliar sampai 61 miliar. Lukisan lainnya tengah diperkirakan harganya oleh pihak Balai Lelang Christie.

Selain Basquiat, Christie London juga akan melelang karya seni dari Gerhard Richter, Andy Warhol, dan Lucian Freud sebagai bagian dari promosi ulang tahun Christie yang ke-250.

(tia/tia)