Lewat 'Pinjam', Melati Suryodarmo Presentasi Performatif di Jakarta

ADVERTISEMENT

Lewat 'Pinjam', Melati Suryodarmo Presentasi Performatif di Jakarta

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 21 Jun 2016 11:29 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Apa saja yang telah 'dipinjam' seorang seniman dari dirinya, hidup di sekitarnya, masyarakat maupun sejarah yang dikenalnya, bahkan 'meminjam' tubuh dan nafasnya sendiri?

Komite Teater Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) bersama dengan Asosiasi Teater Lima Wilayah DKI Jakarta mengadakan program Lintas Media –yang merupakan suatu respons terbentuknya medan baru dalam dunia kesenian. Program ini menggunakan media apapun untuk menciptakan dialog atau merespons fakta-fakta budaya maupun kondisi sosial-politik di sekitar kita.

Baca Juga: Happy Salma Sempat Tolak Perankan Nyai Ontosoroh

Di edisi perdana, Melati Suryodarmo bakal hadir dan berpartisipasi sebagai pembicara. Dalam keterangan pers, Selasa (21/6/2016), Melati akan bicara mengenai project yang berjudul 'Pinjam' atau 'Borrow', yang merupakan presentasi performatif Melati Suryodarmo yang pernah dilakukannya dalam program TPAM di Yokohama pada 2015.

Di program 'Pinjam', presentasi ini merupakan fragmen di mana Melati mengkurasi berbagai pengaruh yang pernah dialaminya. Serta menciptakan sebuah latar belakang baru bagi titik-tolak medan kerja dalam bidang performance art.

Presentasi awalnya adalah bagian dari karya berjudul 'Sisifus'. Karya tersebut adalah riset tubuh sebagai wadah kenangan, dan bagaimana peran tubuh ketika kesadaran diserahkan atau berada di bawah otoritas seorang shaman atau dukun.

Program Lintas Media berlangsung di Galeri Cipta II, Taman Ismail Marzuki pada Rabu (22/6) besok pukul 16.00 WIB.

(tia/mmu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT