ADVERTISEMENT

Pameran 33 Lukisan Abstrak Haryanto Gunawan Diperpanjang

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 14 Jun 2016 08:15 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Haryanto Gunawan dikenal sebagai seorang pengusaha dan kini memutuskan untuk berkarier di bidang seni rupa khususnya bergaya abstrak. Di pameran tunggal berjudul 'Colours [e]Motions yang dibuka akhir pekan lalu, sebanyak 33 lukisan dipamerkan di Ciputra Artpreneur Jakarta.

Pameran tunggal yang seharusnya hanya berlangsung sepanjang akhir pekan, tapi justru diperpanjang sampai 15 Juni mendatang. "Pameran Colours [e]Motions yang berlokasi di Ciputra Artpreneur diperpanjang hingga 15 Juni 2016," ungkap salah seorang penyelenggara kepada detikHOT, Selasa (14/6/2016).

Baca Juga: Polemik ART|JOG|9, Panitia Angkat Suara

Pameran tersebut memperlihatkan sejarah seni lukis melalui lukisan abstrak. Perjalanannya melukis baru muncul setelah melewati masa pendidikan di Fachhochscule Rheinland Pfalz, Jerman.

Dia mengambil jurusan Visuale Kommunikation pada 1986. Kemudian, mengamati seni lukis abstrak selama lebih dari 20 tahun. Sempat membuka biro desain dan mendirikan majalah seni rupa C-Arts dan passion yang kuat dalam dirinya, Haryanto Gunawan akhirnya memutuskan terjun untuk berkarya di bidang seni lukis dengan corak abstrak.

Lukisan Haryanto merefleksikan dinamika kehidupan dalam budaya kontemporer yang cepat. "Pada awal melukis, sifat dominasi dan berani saya masih sangat menonjol, namun belakangan mulai berkurang dan pada akhirnya saya merasa bahwa courage tidak hanya ada dalam bentuk kompetisi," ungkapnya.

Eksibisi yang dikuratori oleh Eddy Soetriyono dan Aminuddin TH Siregar, saat malam pembukaan mampu menghadirkan lebih dari 100 pengunjung.

(tia/tia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT