detikHot

art

Lukisan Tua dan Berdebu Karya Rembrandt Ditemukan di Ruang Bawah Tanah

Kamis, 12 Mei 2016 16:00 WIB Tia Agnes - detikHot
Jakarta - Sebuah lukisan tua dan berdebu karya pelukis Belanda Rembrandt van Rijn ditemukan di sebuah ruang bawah tanah di New Jersey. Lukisan yang telah lama hilang itu kini berada di rumah lelang serta dijual dengan harga Rp 8-10 juta.

Pihak lelang tidak tahu jika lukisan tersebut asli dilukis oleh Rembrandt, karena sangat tua dan tanda tangannya dikaburkan. Mereka percaya bahwa karya tersebut adalah salinan.

"Kami tidak sepenuhnya yakin lukisannya otentik. Mungkin 90 persen merasa pasti tapi bisa jadi itu hanya karya untuk dealer Bertrand Talabardon," ujarnya kepada Daily Mail, seperti dikutip detikHOT Kamis (12/5/2016).

Baca Juga: Pentas Sirkus dan Teater Musikal 'Hanoman The Dreamers' Digelar hingga 5 Juni

Lukisannya dibeli oleh pasangan kolektor seni yang bersaing dengan dua dealer Eropa lainnya. Ia bersama rekannya mengidentifikasi lukisannya dan membandingkan dengan subyek lukisan lainnya dari karya Rembrandt.

Lukisan berjudul 'The Unconscious Patient (An Allegory of the Sense of Smell) diprediksi dilukis pada tahun 1624 silam, ketika Rembrandt masih berusia 18 tahun. Karya yang terdiri dari lima itu menggambarkan dua pria yang mencoba menghidupkan kembali seorang kawannya.

Selain itu, dua lukisan yang berjudul 'The Stone Operation' (An Allegory of the Sense of Touch) dan 'The Three Musicians' (An Allegory of the Sense of Hearing akan dipajang di J.Paul Getty Museum sampai 28 Agustus mendatang, kemudian akan melakukan tur ke mancanegara.

Rembrandt adalah pelukis yang paling terkenal dengan potret dirinya. Dia meninggal dunia pada usia 63 tahun pada 1669.



(tia/mmu)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com