'Man Tiger' Eka Kurniawan Tersisih! Ini 'Short List' Man Booker International Prize 2016

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 15 Apr 2016 11:25 WIB
Foto: Man Booker International Prize
Jakarta - Usai mengumumkan nominasi awal penulis dunia yang masuk dalam penghargaan Man Booker International 2016, lewat situsnya penyelenggara kini merilis 'short list', kemarin. Novelis Indonesia Eka Kurniawan yang masuk 'long list' lewat 'Man Tiger' tersisih dari daftar.

Pemilihan 6 buku dari 6 pengarang itu dipangkas dari 'long list' 13 penulis. Aslinya ada 155 pengarang yang diseleksi untuk ajang Man Booker International. Dengan enam bahasa yang berbeda-Angola, Austria, Korea Selatan, dan Turki. Tim dewan juri pun memuji keberagaman yang mewarnai 'short list'.

Mereka adalah peraih Nobel asal Turki Orhan Pamuk, penulis pseudonim Italia Elena Ferrante, penulis kontroversial Tiongkok Yan Lianke, penulis asal Angola Jose Eduardo Agualusa, Robert Seethaler dari Austria, dan Han Kang dari Korea Selatan. Nantinya, pemenangnya akan menerima £ 50.000 yang akan dibagi rata ke penulis dan penterjemah.

Simak: Rights Buku Indonesia Dibeli Penerbit Inggris di Hari Kedua LBF 2016

Nama Agualusa dan Orhan Pamuk dipilih karena namanya masuk dalam Man Booker International sejak 2015. Agualusa dipilih karena novelnya 'A General Theory of Oblivion', kisah tentang seorang wanita yang berada di dalam apartemen dengan burung merpatinya. 'The Story of Child Lost' karya keempat dari Elena Ferrante dikenal sebagai buku terlaris internasional.

Sedangkan Yan Lianke, yang telah menjadi finalis sejak 2013 lalu juga dinominasikan untuk novel 'The Four Books'. Novel ini mengambil waktu 20 tahun untuk menggarapnya dan telah ditolak oleh 20 penerbit di Tiongkok. Han Kang asal Korea Selatan dipilih karena 'The Vegetarian' mendobrak batas antara tradisi di negaranya dan mampu mengejutkan di dalamnya.

Diketuai oleh kritikus Boyd Tonkin, tim dewan juri mengatakan keenam buku finalis membawa para pembaca di seluruh dunia dalam setiap perbatasan fiksi. "Pilihan kami menunjukkan bahwa buku terbaik tidak hanya ada di dunia kita sendiri. Kami berharap pembaca dapat membacanya ke mana-mana, dan berbagi kesenangan," katanya.

Sebelumnya, nama Eka masuk dalam long list. Ia menjadi penulis Indonesia pertama yang masuk dalam penghargaan ini. Novel-novel Eka telah diterjemahkan ke dalam 16 bahasa. Versi Inggris 'Lelaki Harimau' yang beredar di pasar sastra dunia merupakan hasil terjemahan penulis asal Yogyakarta, Labodalih Sembiring.

Pemenang Man Booker International Prize 2016 akan diumumkan pada 16 Mei mendatang. Berikut daftar lengkap short list:
1. 'A General Theory of Oblivion' oleh José Eduardo Agualusa, diterjemahkan Daniel Hahn.
2. 'The Story of the Lost Child' oleh Elena Ferrante, diterjemahkan Ann Goldstein.
3. 'The Vegetarian' oleh Han Kang, diterjemahkan Deborah Smith.
4. 'The Four Books' oleh Yan Lianke, diterjemahkan Carlos Rojas.
5. 'A Strangeness in My Mind' oleh Orhan Pamuk, diterjemahkan Ekin Oklap.
6. 'A Whole Life' oleh Robert Seethaler, diterjemahkan Charlotte Collins.


(tia/mmu)