ADVERTISEMENT

Puisi J.R.R Tolkien yang Hilang 43 Tahun Lalu Ditemukan

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 17 Feb 2016 08:08 WIB
Foto: JRR Tolkien
Jakarta - J.R.R Tolkien dikenal sebagai penulis 'The Hobbit' dan trilogi 'Lord of the Ring'. Setelah kematiannya hampir 43 tahun silam, dua buah puisi Tolkien ditemukan kembali. Tak diduga, puisinya terselip di sebuah majalah sekolah tahunan yang pernah diterbitkan Tolkien pada 1936 silam.

Puisi berjudul 'The Shadow Man' dan puisi Natal 'Noel' ditemukan di sekolah Our Lady's, Abingdon. Puisi yang dicetak setahun sebelum sensasi bukunya 'The Hobbit' terbit itu sangat digemari anak-anak sekolah.

Keberadaan puisi terungkap setelah seorang sarjana asal Amerika Wayne G.Hammond menghubungi pihak sekolah. Dia mencari tahu puisi-puisi Tolkien yang pernah muncul di majalah sekolah, The Abingdon Chronicle.

Baca juga: Pre-Order 'Harry Potter and The Cursed Child' di Indonesia Sudah Dibuka!

Kepala Sekolah Stephen Oliver mengatakan awalnya tidak bisa menemukan dan membantu penelitian dari Hammond. "Kami mencari edisi 1936 dan sampai ke arsip Sisters of Mercy tapi tak membuahkan hasil," ujarnya seperti dilansir dari BBC, Rabu (17/2/2016).

Kemudian, ketika tengah mempersiapkan sebuah acara untuk murid-murid, tanpa sengaja dia menemukan salinan puisi. "Saya melihat dua puisi yang Hammond cari," pungkasnya.

Selain karya fenomenal 'The Hobbit' dan 'Lord of the Rings', fiksi karangan Tolkien juga mencakup 'The Silmarillion' dan sejumlah buku lainnya yang diterbitkan setelah kematiannya. Buku-buku bergenre fantasi tersebut menjadi terkenal sampai sekarang. (tia/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT