detikHot

art

Seniman Terkaya di Dunia Damien Hirst Bangun Rumah Seperti di 'Batman'

Jumat, 05 Feb 2016 14:25 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Damien Hirst dikenal sebagai seniman terkaya di dunia. Karya-karya fenomenalnya dibeli oleh selebriti dan kolektor seni ternama dunia. Dalam waktu dekat, Hirst akan membangun rumah bersejarahnya seperti di film 'Batman'.

Rumah yang memiliki 14 kamar tidur, dan terletak di 20 Hanover Terrace merupakan vila milik Prince Regent di tahun 1811 silam. Dirancang oleh arsitek John Nash yang juga merancag Istana Buckingham, Piccadilly Circus dan situs bersejarah lainnya, rumah Hirst selesai dibangun pada 1832. Aset pribadinya pun masuk dalam bangunan kelas 1 oleh Inggris.

Baca Juga: Pameran 'Beautiful Handicrafts of Tohoku' Digelar di Dua Kota

Dia membelinya tahun 2014 seharga £ 39,5 juta atau sekitar Rp 775 miliar. Oktober 2015, Hirst mengajukan untuk memperluas bagian bawah tanahnya kepada otoritas Westminster. Rencana ditolak karena dia harus menebang 17 pohon.

Bulan lalu, dia mengajukannya kembali. "Kami memahami kebutuhan Hirst akan rumah pribadinya tapi tanggung jawab kami untuk melestarikan Bangunan Bersejarah di Inggris dan jangan sampai merugikan tetangganya," ujarnya, Jumat (5/2/2016).

Blueprint rumahnya dibuat oleh perusahaan arsitektur Inggris Purcell. Basement bawah tanahnya akan terhubung dengan gedung Nash yang bersejarah dan terdapat taman di garasinya.

Media lokal setempat menyebutkan rencana pembangunannya seperti miliarder Bruce Wayne yang membangun ruang laboratorium, ruang penyimpanan, dan fasilitas olahraga di rumahnya. Studio bawah tanahnya pun dikenal dengan sebutan 'batcave'. Termasuk ruang basement tempat dia menaruh mobil antiknya.


(tia/mmu)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com