DetikHot

art

Penulis Bandung Terbitkan Novel Fiksi Spionase 'Subject 09'

Kamis, 28 Jan 2016 08:43 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Penulis Bandung Terbitkan Novel Fiksi Spionase Subject 09 Foto: Korudo Kiraru/ Ekkigo/ Istimewa
Jakarta - Jika industri perfilman Hollywood dan penerbitan buku memiliki seri '007', 'Bourne', 'The Day of the Jackal' sampai 'Metal Gear Solid', maka Indonesia juga tak kalah. Di Bandung, seorang penulis light novel bernama Korudo Kiraru bersama ilustrator Ekkigo menerbitkan sebuah novel yang dirilisnya secara online sejak 22 Mei 2015 silam dan masih berlanjut sampai sekarang.

Novel bergenre fiksi spionase tersebut dikerjakan secara independen. Kepada detikHOT, Korudo menceritakan jika kreator lokal Tanah Air juga mampu membuat fiksi spionase seperti di luar negeri.

Baca Juga:  Kebaya Raksasa Sri Astari Berdiri Tegak di Marina Bay Sands!

"Aku ingin berbagai instansi hankam di Indonesia menjadi referensi masyarakat kreatif lokal, bukan lagi CIA, bukan lagi DARPA, bukan lagi US Army seperti yang selama ini ditampilkan oleh Hollywood," katanya, Kamis (28/1/2016).



Lewat karya yang digarapnya tersebut 'Subject 09', Korudo menuliskan banyak karakter unik dan beragam cerita khas Indonesia. Ada anggota Grup 3 Kopassus yang tangguh, ada CQB ala Densus-88, ada pensiunan kolonel Marinir yang jenius. "Dan ada teknologi-teknologi Pindad yang juga keren."

'Subject 09' berkisah tentang perjalanan mantan agen rahasia yang diciptakan pada akhir masa pemerintahan Presiden Soeharto sebagai antitesis dari pergerakan oknum asing di Nusantara. Agen tersebut tak memiliki nama, tak memiliki identitas, tak memiliki akta lahir, tak memiliki apapun yang dapat menghubungkannya dengan pemerintah, sehingga ia diberikan variabel 'Subject 09' oleh para pelatihnya.

Suatu hari, 'Subject 09' berbalik dan melawan pemerintah Republik Indonesia. Beberapa pejabat penting pemerintah mati mengenaskan, para ajudan pun meregang nyawa. Perang pun dimulai, konspirasi satu per satu terungkap dan kekacauan merajalela.

"Aku berusaha menyuguhkan cita rasa khas Indonesia pada genre yang kebarat-baratan ini," tuturnya.

Tertarik membaca light novel 'Subject 09'? Kunjungi situs resminya di subject09.web.id, Fanpage bit.ly/subject09FP, dan Wattpad https://www.wattpad.com/story/40432904-subject-09.


(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed