detikHot

art

Ballet Sumber Cipta Pentaskan 'The Nutcracker in Jazz' 19-20 Desember

Selasa, 15 Des 2015 14:47 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Ballet Sumber Cipta
Jakarta - Salah satu sekolah balet tertua di Indonesia, Ballet Sumber Cipta yang berdiri pada 1976 silam oleh Farida Oetoyo akan mementaskan pertunjukan terbaru 'The Nutcracker in Jazz'. Repertoire balet kontemporer modern kali ini menggunakan tata artistik oleh Yudistira Sjuman.

Dalam keterangannya kepada detikHOT, Selasa (15/12/2015), pertunjukan balet klasik yang terdiri dari dua babak ditampilkan dengan koreografi dan musik yang menghanyutkan. Ceritanya tentang seorang gadis yang mendapat hadiah Natal sebuah boneka Nutcracker dan sebuah perjalanan.

Pertunjukan 'The Nutcracker' dengan koreografi asli yang dibuat oleh Marius Petipa dan Lev Ivanov diiringi musik oleh karya Pyotr Illych Tchaikovsky. Pentas ini merupakan menu wajib yang ditampilkan oleh sekolah balet tertua di dunia, tak terkecuali oleh Ballet Sumber Cipta.

Baca Juga: Disangka Performance Art! Seorang Wanita Ditusuk di Art Basel Miami 2015

'The Nutcracker in Jazz' merupakan produksi kedua Rumah Karya Sjuman di tahun ini setelah film 'Nay pada November lalu. Rumah Karya Sjuman sendiri merupakan sebuah perusahaan berbadan hukum yang bergerak di bidang seni yang didirikan oleh penerus dari Sjumandjaja yaitu Yudistira Sjuman mewakili tari yang juga pimpinan Ballet Sumber Cipta, Aksan Sjuman mewakili musik dan Djenar Maesa Ayu mewakili film.

Pentasnya sendiri akan digelar sebanyak dua kali pada 19 Desember 2015 pukul 19:00. Serta keesokan harinya pukul 16.00 WIB di Graha Bhakti Budaya – Taman Ismail Marzuki, Jakarta.



(tia/ron)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com