DetikHot

art

Jim Supangkat Raih Penghargaan Lifetime Achievement dari Biennale Jogja XIII

Selasa, 15 Des 2015 10:15 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Jim Supangkat Raih Penghargaan Lifetime Achievement dari Biennale Jogja XIII Foto: Biennale Jogja XIII
Jakarta - Perhelatan akbar Biennale Jogja XIII selesai diselenggarakan bulan ini. Nama Jim Abiyasa Supangkat Silaen atau dikenal dengan Jim Supangkat meraih penghargaan 'Lifetime Achievement Art Award' di malam penutupan di Jogja National Museum pada 10 Desember lalu.

Pria kelahiran Sulawesi Selatan 2 Mei 1948 silam ini dikenal sebagai penggerak perubahan yang memperluas seni rupa Indonesia selain lukisan dan patung. Jim juga merupakan orang pertama yang mengaku diri sebagai seorang kurator.

Dalam keterangan pers kepada detikHOT, Selasa (15/12/2015), dalam pidato singkatnya ia mengatakan masyarakat seni di Yogya cukup hangat di hatinya.

"Apa yang saya pikirkan, lakukan, dan berikan kepada seni rupa umumnya disertai kontroversi. Peristiwa yang tidak diterima sebagai seni status quo, tapi mungkin panitia punya cara pandang lainnya. Cara pandang sejarah untuk memberikan penghargaan terhadap apa yang saya lakukan selama puluhan tahun," ucapnya.

Baca Juga: Teguh Ostenrik Tenggelamkan Instalasi Seni 'Domus Musculi' di Kepulauan Seribu

Jim menjadi kurator pertama dari pameran berskala internasional pada 1995 yang bertajuk 'Pameran Seni Besar Negara-negara Non-Blok'. Sebelumnya, di tahun 1975 dan 1977, alumnus Seni Patung ITB bersama 10 perupa muda dari Bandung dan Yogyakarta membuat pameran dengan nama Gerakan Seni Baru Indonesia.

Pameran tersebut memberikan napas baru bahwa seni rupa bukan yang itu-itu saja. Sejarah seni yang diciptakan Jim tak berhenti sampai di situ saja.

Di tahun 1994, Jim mengubah Biennale Jogja dari yang ranahnya Biennale Lukisan menjadi Biennale Seni Rupa. Dia juga menjadi sosok yang memiliki kiprah penting dalam pendirian Galeri Nasional yang kini berada di seberang Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.



(tia/tia)

Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed