detikHot

art

Pertunjukan Sisir Tanah Meriahkan Biennale Jogja XIII

Jumat, 27 Nov 2015 08:23 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Biennale Jogja XIII Foto: Biennale Jogja XIII
Jakarta - Festival seni Biennale Jogja XIII masih berlangsung sampai 10 Desember mendatang. Salah satu acara yang memeriahkannya adalah pertunjukan Sisir Tanah yang menafsirkan beberapa potongan teks dari buku 'TAEK!' yang ada dalam 'Buku dan Teks Lain' karya Dodo Hartoko.

Buku tersebut adalah kumpulan status yang berasal dari status Facebook penulis Puthut EA sejak tahun 2014-2015. Dodo merupakan perupa kelahiran Batang Jawa Tengah dan ikut berpartisipasi dalam Biennale Jogja XIII.

Dalam keterangannya, Jumat (27/11/2015), Dodo mengatakan dirinya meminta Sisir Tanah agar menafsirkan ulang karyanya yang dipamerkan di Biennale Jogja. "Karena saya yakin dan percaya dengan kualitas pertunjukan yang akan dibawakan Sisir Tanah," ungkapnya.

"Sebenarnya setiap orang yang datang ke pameran ini pastinya punya tafsiran sendiri atas karya saya," imbuhnya.

Selain buku, Dodo juga memajang tiga buah lukisan. Lukisannya menyimbolkan status-status sarkasme yang menyinggung kritik sosial dan politik. "Kalau di ranah media sosial, maka akan diketahui lewat perdebatan di komentar."

Untuk menyiapkan buku yang dipamerkan, Dodo bekerja sama dengan Arwin Hidayat, Agan Harahap, dan Mojok.co. Pertunjukan Sisir Tanah yang dibawakan digawangi oleh Bagus Dwi Danto dan ditemani kawannya Gipta.

"Tafsir itu dipengaruhi oleh banyak faktor dan khusus untuk malam itu tafsirnya dikerjakan singkat. Lagu Prolog dipilih sebagai lagu pembuka yang diambil dari buku 'TAEK!' Phuthut EA," katanya.

Biennale Jogja XIII diikuti oleh 34 seniman dan komunitas seni dari dua negara, termasuk 11 seniman Nigeria yang berpartisipasi. Tak hanya seniman visual, tapi Biennale Jogja XIII juga menampilkan pelaku teater, musisi, editor buku, praktisi iklan dan penari.




(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com