DetikHot

art

Lukisan Kisah 12 Zodiak Tiongkok dan Kucing yang Dilupakan di Atas Kimono

Sabtu, 21 Nov 2015 15:08 WIB  ·   Delia Arnindita Larasati - detikHOT
Lukisan Kisah 12 Zodiak Tiongkok dan Kucing yang Dilupakan di Atas Kimono Foto: Delia Arnindita Larasati (detikHOT)
Kyoto - Dalam astrologi Tiongkok, terdapat 12 macam hewan yang digunakan untuk melambangkan tahun, bulan dan waktu. Seorang seniman Jepang pun melukiskan shio-shio tersebut dengan media sebuah kimono.

Kimono unik tersebut hanya bisa Anda lihat jika berkunjung ke Museum Kerajinan Tradisional Kyoto. Belum lama ini, detikHOT diberi kesempatan langsung untuk mengunjungi museum tersebut dan melihat langsung beragam kerajinan-kerajinan tradisional peninggalan budaya zaman dulu yang hingga kini masih terus digunakan oleh warganya.

Salah satunya adalah kimono, pakaian tradisional Jepang. Walaupun termasuk pakaian tradisional, namun warga tak hanya memakai kimono di acara-acara besar saja. Jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi Jepang, Anda akan melihat warganya yang berjalan-jalan mengenakan pakaian tersebut.

Salah satu kimono yang menarik perhatian para pengunjung museum adalah kimono tradisional yang dilukis dengan tangan atau yang disebut Kyo-Yuzen. Teknik ini pertama kali diperkenalkan oleh Miyazaki Yuzensai di Kyoto pada zaman Edo (abad ke-17).

Pada salah satu kimono Kyo-Yuzen yang dipajang di Museum Kerajinan Tradisional Kyoto, sang seniman melukis 12 jenis shio Tiongkok dengan latar pemandangan dan bunga-bunga. Dua belas binatang tersebut adalah tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing dan babi.



Menurut kisah yang beredar di masyarakat Jepang, kucing seharusnya masuk dalam 12 anggota shio. Namun, sang tikus diam-diam melakukan kecurangan dan mendaftarkan diri terlebih dahulu kepada Penguasa Surga sebelum binatang lainnya.

Padahal kala itu, Penguasa Surga memerintahkan kucing untuk memberitahu soal rencananya mengangkat binatang-binatang tersebut sebagai shio dan meninggalkan tikus. Sehingga, sang kucing harus menjadi korban kecurangan dan tak masuk dalam daftar 12 shio Cina. Hal itulah yang dipercaya menyebabkan kucing dan tikus bermusuhan hingga kini.

Merasa iba dengan kucing, sang seniman pun tetap memasukkan kucing di antara 12 shio tersebut. Namun, sang kucing dilukiskan pada bagian dalam kimono itu.

Unik, ya!
(dal/ron)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed