detikHot

art

Bagaimana Perkembangan Cosplay di Indonesia?

Senin, 16 Nov 2015 12:10 WIB Tia Agnes Astuti - detikHot
Dok.Indonesia Comic Con 2015 Dok.Indonesia Comic Con 2015
Jakarta - Pinky Lu Xun merupakan cosplayer generasi pertama Tanah Air yang berhasil mempopulerkan sekaligus membawa nama Indonesia ke kancah internasional. Di balik itu semua, bagaimana dengan perkembangan costume player (cosplay) di Indonesia?

"Di Indonesia, cosplayer-cosplayer-nya punya performance yang unik dan berbeda-beda," ujarnya ditemui di hari kedua Indonesia Comic Con 2015 (ICC), Minggu (15/11/2015).

Simak: Berkenalan dengan Pinky Lu Xun 'Ratu Cosplay' Indonesia

Seperti cosplayer di kota Gudeg lebih menyukai gaya teatrikal. Sedangkan di Bandung ke komedi, dan mayoritas di Jakarta lebih ke genre action.

"Selain kota-kota di atas, ada juga cosplayer yang mulai berkembang di Surabaya, Balikpapan, Pekanbaru, dan Banjarmasin," jelas Pinky.

Wanita yang mulai berkiprah di seni cosplay sejak 17 tahun lalu itu menungkapkan genre-genre tersebut adalah hasil risetnya. "Saya sering menjadi juri, tamu kehormatan, dan diundang ke festival-festival, jadi itu yang menurut saya," ujarnya.

Baca Juga: Pinky Lu Xun Kenalkan Kain Batik Lewat Cosplay Kucing Garong

Ke depannya, Pinky selalu menyarankan kepada cosplayer Tanah Air agar mulai memakai karakter lokal. Serta, membuat karakter dari komik buatan komikus Tanah Air.

"Komik atau karakter buatan komikus dari kita nggak kalah hebatnya dengan yang ada di luar negeri. Karena kostum dalam negeri ternyata juga unik dan bagus. Nggak kalah sama karaktr Marvel, DC Comics dan superhero lainnya," beber wanita yang karyanya dapat diintip di akun Twitter @pinkyluxun.


(tia/mmu)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com