DetikHot

art

Diskusi Isu 1965 Dibatalkan di Ubud Writers and Readers Festival 2015

Jumat, 23 Okt 2015 16:34 WIB  ·   Tia Agnes Astuti - detikHOT
Diskusi Isu 1965 Dibatalkan di Ubud Writers and Readers Festival 2015
Jakarta -

Gelaran festival sastra terbesar di Asia Tenggara, Ubu Writers and Readers Festival (UWRF) 2015 dengan berat hati membatalkan beberapa sesi diskusi yang telah dijadwalkan. Khususnya, tiga panel terkait Rekonsiliasi dan Pemulihan, pemutaran film 'The Look of Silence' karya Joshua Oppenheimer, dan peluncuran buku 'The Act of Living'.

Dalam keterangan yang tercantum di situs resmi UWRF 2015, pembatalan dilakukan karena adanya "masukan" dari pihak keamanan dan pemerintah daerah. Panitia juga telah melakukan pertemuan koordinasi dengan sejumlah instansi pemerintah di Mapolres Gianyar pada Jumat (23/10/2015) siang.

Direktur UWRF 2015, Janet DeNeefe mengatakan pembatalan tersebut merupakan pukulan besar bagi perhelatan akbar tahunan itu.

"Keputusan ini sangat mengecewakan dan mungkin pemerintah menolak untuk mendiskusikan tragedi nasional ini," katanya dilansir dari The Sydney Morning Herald.

Komite festival telah mengupayakan yang terbaik, serta berdiskusi hingga titik akhir. Namun pada akhirnya festival disarankan untuk tidak melanggar ketentuan yang telah ditetapkan, dengan pertimbangan keberlangsungan festival ke depannya.

Janet bersama tim penyelenggara juga mengajukan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada pengunjung, partisipan yang telah menyumbangkan waktunya serta Joshua Oppenheimer dan the Herb Feith Foundation.

Festival yang akan digelar dari2 8 Oktober sampai 1 November 2015 akan menghadirkan lebih dari 200 program dengan pembahasan terkait penulisan, budaya, jurnalisme, dan lain-lain.


(tia/mmu)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed