DetikHot

art

Bandung Contemporary Art Award #4 Diumumkan 25 September

Rabu, 23 Sep 2015 08:18 WIB  ·   Tia Agnes Astuti - detikHOT
Bandung Contemporary Art Award #4 Diumumkan 25 September
Jakarta - Di penghujung September, Bandung Contemporary Art Award (BaCAA) #4 kembali terselenggara untuk keempat kalinya. Dari 30 seniman yang lolos di tahap 1, kini dewan juri kembali menyeleksi 15 seniman yang akan dipilih sebagai tiga pemenang utama di kota Bandung.

Seperti gelaran BaCAA sebelumnya, BaCAA #04 ini sebagai kompetisi seni rupa kontemporer tidak menetapkan tema maupun batasan medium/material. Hal ini memang menjadi konsep dasar BaCAA. Sesuai dengan konsep dasar ini, peserta BaCAA diberi kebebasan untuk menelusuri dan mengeksplorasi segala kemungkinan gagasan dan perupaan dalam berkarya.

Dalam keterangannya kepada detikHOT, Rabu (23/9/2015), komposisi dari 30 finalis yang terpilih terdapat karya-karya seni instalasi dan new media yang cukup menonjol dibandingkan dua dimensi terutama lukisan.

Ada beberapa hal yang patut dicatat dalam BaCAA #04 kali ini. Pertama, banyaknya partisipan yang mengikuti. Pihak penyelenggara mencatat ada 285 submisi yang ikut kompetisi di tahun sebelumnya, kini ada 350 submisi. Kebanyakan peserta berasal dari kalangan seniman muda yang cukup berpengalaman, sehingga penjurian Bacaa #04 kali ini lebih mudah, dan penyaringan 30 semi finalis pun memenuhi standar kualitas yang cenderung lebih baik dibandingkan Bacaa #03 sebelumnya.

Selain itu, kehadiran dua juri asing, Michael Janssen dan Edouard Mornaud, selain tiga juri lokal, memberikan penilaian dan perdebatan yang bernas dalam proses penjurian. Pemahaman juri lokal berkenaan dengan medan seni rupa kontemporer Indonesia dan latar belakang para seniman semi finalis tentu membantu para juri asing untuk lebih memahami konteks karya-karya yang disertakan.

Berikut 15 finalis yang lolos seleksi:

1. Agan Harahap, Yogyakarta
2. Aliansyah Caniago, Bandung
3. Budi Adi Nugroho, Bandung
4. Doni Maulistya, Yogyakarta
5. Eldwin Pradipta, Bandung
6. Etza Meisyara, Bandung
7. Faisal Habibi, Bandung
8. Harits Rasyid Paramasatya, Bandung
9. Jabbar Muhammad, Bandung
10. Kara Andarini, Jakarta
11. Maharani Mancanagara, Bandung
12. Muhammad Vilhammy, Bandung
13. Nurrachmat Widyasena, Bandung
14. RickyJanitra, Jakarta
15. ThedeoMIXBLOOD hybridcustomtoys, Yogyakarta


(tia/tia)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed