DetikHot

art

3 Seniman Muda Raih 'Indonesia Art Award 2015'

Selasa, 22 Sep 2015 16:51 WIB  ·   Tia Agnes Astuti - detikHOT
3 Seniman Muda Raih Indonesia Art Award 2015 Muchlis Fachri senilai Rp 50 juta sebagai juara ketiga (Dok.Tia Agnes/ detikHOT)
Jakarta -

Sebanyak 46 seniman berhasil lolos dalam kompetisi seni Gudang Garam Indonesia Art Award (GGIAA) 2015 yang dibuka sejak Februari lalu. Ketua Umum Yayasan Seni Rupa Indonesia Titiek Soeharto mengumumkannya di pembukaan pameran 'Respublica' di Galeri Nasional Indonesia, semalam.

Juara pertama dianugerahi kepada seniman Antonio Sebastian Sinaga dan mendapatkan hadiah Rp 100 juta. Juara 2 dengan Rp 75 juta kepada Indarto Agung Sukmono, dan Muchlis Fachri senilai Rp 50 juta sebagai juara ketiga.

"Penilaiannya dilakukan dua jam sebelum pengumuman. Jadi pemenangnya pun baru tahu malam ini," ucap Titiek.

Baca Juga: Siapakah Dua Wanita di Lukisan '3 Dara' Basoeki Abdullah?

Penilaian 46 seniman tersebut melibatkan tim juri yakni Jim Supangkat, A Rikrik Kusmara, I Nyoman Rudana, Suwarno Wisetrotomo, Sri Astari, dan Indah C Noerhadi. Serta juri publik yang terdiri dari 25 orang dengan latar belakang beragam seperti pengusaha, wartawan, pemilik galeri, pecinta seni, dan sebagainya.

Kompetisi ini sudah diselenggarakan sejak 1994 silam dengan nama Philip Morris Indonesia Art Awards yang menjadi bagian dari Philip Morris ASEAN Art Awards. Pemberian penghargaan ini merupakan hasil akhir dari kompetisi terbuka. Setelah berlangsung sekitar 10 tahun, semua perupa Indonesia pernah mengikuti program YSRI ini.

Simak: Misteri Lukisan Nyi Roro Kidul Ditampilkan di '100 Tahun Basoeki Abdullah'

"Sejak 2013 lalu, kami adakan reguler sepanjang dua tahunan, mayoritas yang mendaftar adalah anak muda. Karya-karyanya juga melampaui seniman senior," ucap Jim Supangkat sebagai ketua dewan juri.

Selain 3 seniman muda yang meraih penghargaan, ke-46 seniman yang menjadi finalis di antaranya adalah Ali Sundoro, Aliansyah Caniago, Alvinska Octaviana, Andi RHARHARHA, Angga Cipta, Danni Febriana, Eldwin Pradipta, Etza Meisyara, I Nyoman Suarnata, Irwanto Lentho, Kelvin Atmadibrata, Kurniawati Gautama, Maharani Mancangera, Natisa Jones, Oetje Lamno, Patriot Mukmin, Q'bro Pandam, Sarita Ibnoe, Serrum, dan lain-lain.

Karya-karya ke-43 finalis dapat dilihat di Galeri Nasional Indonesia hingga 1 Oktober mendatang. Silakan berkunjung!


(tia/ron)
Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed