Komik 'Garudayana' dan 'Grey&Jingga' Dilirik Penerbit Jepang

Tia Agnes Astuti - detikHot
Kamis, 30 Jul 2015 16:43 WIB
Jumpa pers Popcon Asia 2015 di Conclave, Jakarta Selatan
Jakarta - Komik karangan Is Yuniarto dan Sweta Kartika tak hanya dikenal di Tanah Air saja, tapi juga merambah ke pasar internasional. Salah satunya penerbit Jepang telah melirik karya mereka.

Hal ini diungkapkan oleh Co-founder Popcon Asia Grace Gusnadi usai jumpa pers 'Popcon Asia 2015'. "Publisher dari Jepang sudah banyak nanya-nanya tentang Garudaya dan Grey&Jingga. Kata saya, hayo ke Indonesia. Datang ke Popcon dan ngobrol sama komikusnya," katanya ketika ditemui di Conclave, Jalan Wijaya 1, Jakarta Selatan, Kamis (30/7/2015).

Simak: Penulis Novel Bob Marley Raih Penghargaan 'Man Booker'

Menurutnya, penerbit Digital Catapult sudah tertarik dengan karangan Is Yuniarto dan Sweta Kartika tersebut. "Mereka sudah dilirik pasar Jepang dan ini jadi nilai tambah," ujarnya.

Selama ini, penerbit-penerbit internasional lebih mengetahui komik buatan Jepang, Korea, Prancis, dan Amerika Serikat. Namun, komik Indonesia masih kurang dikenal mayarakat.

"Karena publisher-nya digital maka kemungkinan besarnya akan dirilis secara e-book," lanjutnya lagi. Komik yang diterbitkan ulang oleh penerbit internasional biasanya yang mengandung unsur lokalitas Indonesia. Serta dari segi konten terdapat standar tinggi.

"Semoga masuk ke pasar Jepang dan makin dikenal dunia. Nanti di Popcon Asia akan datang 8 penerbit komik internasional yang juga mencari komikus-komikus Indonesia," tutup Grace.

(tia/mmu)