detikHot

art

Siap-siap, Bandung Contemporary Art Awards #04!

Kamis, 09 Jul 2015 11:10 WIB Tia Agnes Astuti - detikHot
Dok.Bandung Contemporary Art Award Dok.Bandung Contemporary Art Award
Jakarta - Pertengahan tahun ini, Bandung Contemporary Art Award (BaCAA) #04 kembali digelar. Di tahun ke-4, anugerah seni ini mencari seniman-seniman muda berbakat.

Sebelumnya, BaCAA #01, #02, dan #03 telah sukses diselenggarakan dan memberikan sorotan yang lebih besar bagi seniman muda yang terpilih sebagai finalis. Diselenggarakan oleh ArtSociates dan Lawangwangi Creative Art Space, para finalis akan memperebutkan hadiah program residensi selama tiga bulan di Centre Intermondes, La Rochelle, Prancis.

Selain hadiah residensi bagi pemenang pertama, dua seniman terbaik lainnya berhak atas hadiah uang tunai senilai Rp 50 juta. Kemudian, karya 15 finalis dipamerkan di Lawangwangi Creative Art Space, Bandung, dari 25 September-23 Oktober 2015.

Karya-karya yang dikirimkan akan diseleksi oleh dewan juri yang terdiri dari Asmujo Jono Irianto, Carla Bianpoen, Edouard Mornaud (Pengelola Centre Intermondes, La Rochelle, Perancis), Michael Jenssen (Pemilik Galerie Micahel Janssen, Berlin/Singapura), dan Wiyu Wahono (Kolektor Seni).

Baca Juga: Penjualan Buku Penulis 'The Girl on The Train' Kalahkan Dan Brown

Di penyelenggaraan BaCAA #1, 'Sinema Elektronik' karya Anggun Priambodo, Sinema Elektronik berhasil meraih juara pertama dan menerima hadiah Rp 100 juta. Setahun berikutnya di BaCAA #2, karya seni video kembali terpilih sebagai pemenang. 'Eat Like Andy' karya Yusuf Ismail.

Kemudian, seniman Leonardiansyah Allenda keluar sebagai pemenang dengan karya seni instalasi 'Unititle' di BaCAA #03. Tiga pemenang lainnya, karya video Muhammad Akbar berjudul 'In Gaze Control #2', Mujahhidin Nurrahman yang menampilkan karya paper cutting manual berjudul 'Layers', dan terakhir karya instalasi Syaiful Aulia Garibaldi berjudul 'Atoah epok: Ehoor Lamura (Like Art: Fungal Statement)' yang menampilkan kotak kaca berukuran 200 x 300 sentimeter dengan jamur-jamur beragam ukuran di dalamnya.

Pendaftaran anugerah seni ini sudah dimulai sejak 31 Mei 2015 lalu dan akan ditutup 15 Juli mendatang. Yuk, segera mendaftar! Tinggal satu minggu, BaCAA #04 akan ditutup! Cek informasi selengkapnya di situs resmi Bandung Contemporary Art Award di https://bacaa.info.

Jangan lupa baca kisah seniman Kinez Riza menjelajahi pedalaman Afrika hingga Kalimantan, dan residensi di Kutub Utara, hanya di Young&Famous!


(tia/mmu)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com