Legenda Danau Toba Diangkat ke Drama Musikal

Tia Agnes Astuti - detikHot
Jumat, 03 Jul 2015 08:07 WIB
Jumpa pers drama musikal 'Janji Toba', Kamis (2/7/2015) malam.
Jakarta -

Danau Toba terkenal akan cerita rakyat yang melegenda mengenai asal muasal danau terbesar di Asia Tenggara tersebut. Cerita mengenai Toba bersama ikan emas dan putra tunggalnya kini diangkat ke panggung drama musikal pada 29 Agustus mendatang.

Bertempat di Ciputra Artpreneur Theater Jakarta, pertunjukan yang digelar dua kali itu akan menyuguhkan kemasan sarat budaya Batak. "Ibaratnya kalau pengunjung nonton, dari artistik panggungnya sudah terlihat inilah perkampungan Batak," ucap sutradara Drama Musikal 'Janji Toba' Paulus Simangungsong di Pong!Me Jakarta Selatan, Kamis (2/7/2015) malam.

Baca Juga: Berperan Sebagai 'Toba', Bams Tertantang Main di Drama Musikal

Awalnya, drama musikal ini berjudul 'Janji Suci'. Paulus menceritakan jika kisahnya memang mengenai janji Toba kepada ikan yang menjadi istrinya. Serta putranya Samosir yang akhirnya memegang janji akan menjaga Danau Toba dengan baik.

"Sejak awal saya diajak, apa pun bentuk pementasannya saya akan dukung. Karena saya orang Batak dan ingin menyebarluaskan mengenai legenda ini. Panggilan Tiomasna juga saya kasih, 'tio' berarti bening dan 'masna' artinya ikannya. Ada beberapa karakter dan adegan yang memang saya tambahkan," lanjut sutradara yang pernah di Teater Koma ini.

Dipromotori oleh Banyu Wening Production, 'Janji Toba' menjanjikan sajian yang berbeda dari biasanya. "Ini adalah project kami yang ketiga setelah pementasan balet-orkesta Tribute to Chrisye. Saya sendiri bukan orang Batak tapi sangat mengapresiasi pertunjukan ini," kata Presiden Direktur Banyu Wening Production Ella Meigita saat jumpa pers.

Pentasnya sendiri akan menampilkan musik orkestra dengan 10 lagu, dan akting dari para pemain ternama. Seperti Bambang Reguna Bukit atau Bams, Cindy Carolina, Boris Thompson Manullang, Indro Warkop, Rony Dozer, Gita Bhebhita, Naomi BR, Lumban Gaol, Derry Oktami, Manahan Hutauruk, dan Imanuel Tobing.

Tiket pertunjukan 'Janji Toba' sendiri sudah dijual di www.kiostix.com sejak pertengahan Juni lalu. Harganya dibanderol antara Rp 350 ribu sampai Rp 1,5 juta. Drama musikal ini digelar sebanyak dua kali pertunjuka pada pukul 15.00 dan 20.00 WIB.

Indonesia.. bersiaplah menyaksikan kisah legenda terbesar dari tanah Sumatera yang megah dan spektakuler!

(tia/tia)