Karya Marilyn Monroe Ciptaan Dipo Andy Juga Dilirik Kolektor Dunia

Tia Agnes Astuti - detikHot
Selasa, 09 Jun 2015 13:59 WIB
Jakarta - Lukisan 'SHANGRI-LA' karya pelukis Bali yang kini menetap di Yogyakarta I Nyoman Masriadi laku terjual Rp 4,5 miliar dan disebut termahal sepanjang penyelenggaraan ART|JOG|8. Ternyata, ada karya seni lainnya yang juga dilirik kolektor dunia.

Salah satunya adalah 'Matanya Terus Menelanjangi Daku, Walau Bibir Tiada Berkata' buatan Dipo Andy. Seniman yang terkenal akan teknik dan cita rasa lukisan yang unik ini berasal dari Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Ia memang dikenal sering membuat imaji figur-figur seperti Marilyn Monroe, David Beckham, Fidel Castro, dan sebagainya. Kali ini, ia kembali memajang figur Marilyn Monroe dengan 16 panel yang masing-masing berukuran 60 x 39 sentimeter.

Baca Juga: Patung Raksasa 'Vagina' Di Depan Istana Prancis Tuai Kontroversi

Menurut Direktur ART|JOG|8 Satriagama Rakantaseta banyak karya seni yang dipajang dilirik kolektor dunia.

"Karena kami berharap karya-karyanya dapat dibeli oleh kolektor dan galeri-galeri internasional, dan Marilyn Monroe-nya Dipo juga ditaksir," katanya kepada detikHOT di Yogyakarta, belum lama ini.

Karya seni Dipo Andy tersebut dipajang di tengah-tengah Taman Budaya Yogyakarta. Berdekatan dengan karya Mark Justiani 'Mimefield', lukisan I Nyoman Masriadi 'SHANGRI-LA', patung kepala manusia dan burung karya Arya Pandjalu, dan sebagainya.

"Hampir 70 persen karya di ART|JOG bisa dijual dan karena ART|JOG ini bukan hanya memajang karya tapi juga art fair yang bisa menjual," ungkap pria yang akrab disapa Seto ini.

Dipo dikenal sebagai seniman yang serius bereksprimen dengan teknik komputer grafik untuk menghasilkan efek holografik di karya-karyanya. Pada 1999, ia terpilih sebagai lima besar nominasi Indonesia Art Award (Philip Morris). Serta di tahun 2004, ia juga pernah mengikuti Biennale Bangladesh di Dakha.



(tia/mmu)