Ini Pengalaman Seniman Kinez Riza Residensi di Kutub Utara

Tia Agnes Astuti - detikHot
Jumat, 22 Mei 2015 08:55 WIB
Kinez Riza
Jakarta - Karier fotografinya dimulai tiga tahun lalu saat kuliah seni di London dan mulai membeli kamera bekas di sebuah pasar. Kini, seniman Indonesia kelahiran 1989 ini menggelar pameran tunggalnya 'Selubung Hening' di Ruci Art Space, Jakarta Selatan hingga 21 Juni mendatang.

Uniknya, di salah satu karya fotografi Kinez merupakan hasil residensi (menetap dan membuat karya seni) di Kutub Utara. Bagaimana ceritanya?

Di sela-sela pembukaan pamerannya, Kinez menceritakan jika tiga tahun lalu ia diundang untuk residensi bersama 25 seniman internasional lainnya. "Undangan dari New York untuk kami berlayar dan tinggal di sana selama 2,5 minggu," katanya kepada detikHOT, Kamis (21/5/2015).

Baca Juga: Unik! Empat Patung Gajah Raksasa Terbuat dari Batu

Dalam program residensi 'The Arctic Circle Org', Kinez mendapatkan banyak pengalaman. Menurutnya, berada di Kutub Utara yang bagian paling ujung membuat segala sesuatunya terasa internal.

"Dari segi pakaiannya aja sudah dingin. Jarak pandangannya internal banget, jarak pendek. Semua nggak boleh dikubur dan banyak pemandangan aurora," katanya.

Cahaya pun menjadi yang terpenting di Kutub Utara. Seniman muda yang menampilkan karyanya dalam bentuk fotografi, film, dan instalasi ini mencoba memotret kesunyian di antara pegunungan es.

"Dalam karya saya, saya mencoba representasi segala sesuatu yang tidak kita ketahui dan keberadaan sebagai manusia kayak lightbox," ujar Kinez.

Sebelumnya, Kinez pernah menggelar pameran di Land Art Mongolia 360 Biennale (2014) di Orkhon Valley, Serta dinominasikan untuk Sovereign Art Prize. Dalam membuat fotografi art, ia selalu menjelajah ke berbagai pendalaman di Kalimantan, Flores, Afrika, dan lain-lain.



(Tia Agnes Astuti/Tia Agnes Astuti)