detikHot

art

Karya Pelukis Tunanetra Terjual Rp 12 Triliun

Rabu, 08 Apr 2015 15:41 WIB - detikHot
Jakarta - Sejak masih kecil, Jeffrey Hanson didiagnosa menderita penyakit genetik 'neurofibromatosis' yang menyebabkan tumor saraf optik dan kehilangan penglihatan. Namun, kondisi itu tidak membuatnya patah semangat. Ia aktif melukis hingga lukisannya terjual lebih dari Rp 12 triliun. Wow!

Meski tunanetra, Hanson punya bakat unik. Ia mampu menghasilkan 1400 lukisan yang menakjubkan dengan warna yang fantastis. Karya-karyanya dijual ribuan dolar dan menjadi koleksi Elton John dan Warren Buffett.

"Awalnya melukis jadi bagian dari terapi yang saya jalani di rumah sakit. Melukis juga hobi saya yang sekarang jadi bisnis," katanya dilansir dari My Modern Metropolitan, Rabu (8/4/2015).

Tadinya, keluarganya menjual lukisan-lukisan Hanson di pinggir jalan. Lambat laun, ia mendirikan perusahaannya sendiri dan telah berkembang luar biasa.

"Saya hanya bisa melihat warna dengan samar-samar. Dan menerkanya di atas kanvas," ucap Hanson.

Namun, yang menjadi pertanyaan bagaimana dengan tanda tangan si pelukis yang biasa ada di atas kanvas? Hanson punya cara tersendiri.

Pelukis berusia 21 tahun itu awalnya membuat lapisan tebal dari plastik di atas kanvas, lalu ia mulai membubuhkan tanda tangan. Terkadang, Hanson menulisnya di bagian bawah tapi ada juga di belakang lukisan. Kini, lukisan abstrak dengan tekstur kasar tersebut juga telah dipajang di berbagai galeri ternama.


(tia/mmu)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com