detikHot

art

'Keroncong Week' Cara Jitu Budayakan Keroncong ke Generasi Muda

Rabu, 01 Apr 2015 17:52 WIB - detikHot
Jakarta - Keroncong menjadi salah satu budaya bangsa yang masih dilestarikan hingga kini. Namun, masih sedikit generasi muda yang mengetahui musik keroncong dan mempopulerkannya.

Melalui 'Keroncong Week' yang diselenggarakan oleh Yayasan Keroncong Indonesia dan Galeri Indonesia Kaya, acara ini mengajak generasi muda untuk ikut mempopulerkan keroncong.

"Ada banyak musisi yang akan meramaikan Keroncong Week dari lintas generasi dan genre. Pop, jazz, dan ada rocker juga," kata maestro keroncong sekaligus pendiri Yayasan Keroncong Indonesia Sundari Soekotjo saat jumpa pers di Galeri Indonesia Kaya, Rabu (1/4/2015).

Para musisi Tanah Air dari 7 sampai 12 April 2015 itu akan berkolaborasi dengan beberapa komunitas musik keroncong yang turut mempertahankannya hingga kini. Kunto Aji sebagai salah satu musisi yang ikut berpartisipasi juga mengatakan ini adalah caranya untuk mengapresiasi musik keroncong.

"Sebenarnya ada keinginan untuk mengapresiasi tapi kalau inisiatif sendiri kan susah dan menjadi hambar. Ketika diajak saya langsung mengiyakan dan komitmen untuk belajar," timpal penyanyi kelahiran Yogyakarta tersebut.

Nantinya, Kunto akan menyanyikan lagu keroncong 'Jembatan Merah' dan tiga lagu pop lainnya. Pelantun 'Terlalu Lama Sendiri' itu juga akan berkolaborasi dengan Rieka Roeslan. "Totalnya ada 4 lagu yang akan ditampilkan Sabtu 11 April," kata Kunto.

Lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Kunto diakuinya masih relatif tempo lamban sehingga bisa dinyanyikan dengan gaya keroncong. "Yang lagu Gesang kan sejarahnya panjang dan nggak bisa aku main-mainkan."

Selain Kunto Aji, Intan Soekotjo yang juga penyanyi muda keroncong dan putri dari Sundari juga akan memeriahkan 'Keroncong Week'. Nantinya, 10 musisi Tanah Air dan 10 komunitas akan berpartisipasi.


(tia/ron)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com