detikHot

art

Program Studi Teater IKJ Pentaskan 'Pinangan' Anton Chekov

Rabu, 11 Feb 2015 14:02 WIB - detikHot
Jakarta - Mei Theater Company dan Program Studi Teater Fakultas Seni Pertunjukan IKJ mempersembahkan pertunjukan 'Pinangan' karya Anton Chekhov pada 14-15 dan 21-22 Februari 2015 di Gedung Teater Luwes, IKJ. Naskah yang ditulis pada abad ke-19 ini diadaptasi dan disutradarai oleh Firsty Soe.

'Pinangan' menceritakan kisah tentang tokoh bernama Glenn Takarbessy yang berusaha mengutarakan keinginannya melamar kekasihnya Monica Tamberongan. Monica adalah sahabat lama dari keluarga Takarbessy. Tapi ternyata niat baik tersebut terhalang oleh sengketa masa lalu dan keegoisan masing-masing keluarga.

"Kami mengadaptasi naskah ini menjadi sebuah komedi situasi," ucap sang sutradara dalam siaran pers yang diterima detikHOT, Rabu (20/2/2015).

Naskah ini pertama kali sukses dipentaskan di St.Petersburg dan Moskow dan langsung menjadi populer di masyarakat Rusia. Meski saat itu, Chekhov sempat ragu apakah drama komedi satir ini layak disebut sebagai karya sastra dan tontonan baik bagi publik.

"Kami juga ingin memberikan hiburan yang berbeda bagi penonton lewat naskah adaptasi ini," kata Firsty Soe.

Pertunjukan ini juga menjadi persiapan untuk tampil di Festival Setkani atau Encounter 2015 di Janacek Academy of Music and Performance Art, Brno, Republik Cheko. Sebelumnya, pada September 2012 lakon 'Pinangan' pernah dipentaskan di Teater Studio, Taman Ismail Marzuki dan mendapat respons positif dari masyarakat dan pecinta teater.


(tia/mmu)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com