detikHot

art

Koreografer Prancis Akan Tampil di Indonesia Dance Festival 2014

Rabu, 22 Okt 2014 15:20 WIB - detikHot
Dok.IDF 2014 Dok.IDF 2014
Jakarta - Institut Prancis di Indonesia (IFI) kembali berpartisipasi dalam festival tari kontemporer Indonesia Dance Festival (IDF) 2014 yang akan berlangsung pada 5-7 November 2014. Hal ini dikatakan oleh Executive Director IDF Maria Hartiningsih saat temu media di kampus Institut Kesenian Jakarta (IKJ) kemarin.

"Kami kembali mengajak koreografer Prancis untuk ikut dalam pementasan ini," ungkapnya.

Nantinya, koreografer Prancis Jérôme Bel akan mempersembahkan pertunjukan solo 'Cédric Andrieux' yang diciptakan dan ditampilkan olehnya sendiri. Ia merupakan salah satu penari kontemporer Prancis yang mendapatkan banyak pujian.

Tarian 'Cédric Andrieux' menceritakan tentang perjalanan kontemplasi karier sang penari mulai dari masa pendidikan tari di kota Brest, Prancis dan Conservatoire National Supérieur de Musique et de Danse de Paris. Hingga mengisahkan tentang penari profesional di Merce Cunningham Dance Company serta Lyon Opera Ballet.

'Cédric Andrieux' adalah bagian dari tiga rangkai pertunjukan tari. Dua tari lainnya meliputi 'Veronique Doisneau' dan 'Lutz Förster'. Ketiga produksi ini dibangun berdasarkan keluasan pengalaman dan kemampuan tiap-tiap penari.

"Tahun lalu kami juga ke Prancis dan mengikuti workshop di sana. Tiap kali kami ceritakan bahwa ada IDF di negara kami dan mengundang koreografer dunia, mereka selalu kagum dengan perhelatan ini," kata Maria.

Melalui karya Jerome Bel tersebut, seniman membangun wacana tandingan bagi mereka yang dituliskan oleh sejarawan, kritikus maupun fotografer. Melalui pertunjukan ini, ia juga ingin menunjukkan subjektivitas karyanya yang berbeda atau melengkapi deskripsi stereotip dalam sejarah koreografi.


(tia/mmu)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed