ADVERTISEMENT

Tren Sepatu Boots Lokal

Bikin Sepatu Boots Desain Sendiri di Portee Goods

- detikHot
Rabu, 23 Jul 2014 09:31 WIB
Koleksi Portee Goods (asep/detikhot)
Jakarta -

Ingin sepatu boots kulit atau model lain dengan kombinasi tiga warna? Jika Anda bukan desainer kondang macam Karl Lagerfeld, mungkin Anda akan sulit mendapatkannya. Apalagi dengan harga yang 'masuk diakal'.

Namun ternyata hal ini yang diusung oleh duo anak muda, Gunantyo Suci dan Adi Nugraha sejak 2011 lalu. Dengan motif awal, menginginkan sepatu kulit yang formal dengan warna yang beda dan uang seadanya, mereka akhirnya jadi membuat sebuah brand sepatu bernama Portee Goods.

"Kita terinspirasi untuk membuat sepatu yang custom, idenya dari NikeID. Dimana sepatunya sudah ada modelnya tapi bisa custom warna, solnya juga bisa diganti-ganti sesuai keinginan," jelas Gunantyo kepada detikHOT (17/07/2014) di workshop Portee Goods di Bandung, Jawa Barat. Konsep ini mereka adopsi untuk bentuk sepatu yang masuk kategori formal.



"Kita mau bikin yang seperti itu tapi dengan model sepatu yang agak resmi, agak resmi itu kita twist-nya dengan kasih warna yang cathcy biar kesannya enggak terlalu resmi banget."

Mereka juga sadar bahwa sepatu bermaterial kulit itu harganya selalu saja dipatok mahal di pasaran, maka duo yang sebelumnya memang sudah bergelut di bidang wirausaha untuk produk fashion ini coba mencari tempat yang harganya sesuai untuk membuat sepatu idaman mereka

Dengan respons baik di pasaran, usaha Gunantyo dan Adi terus berkembang pesat hingga akhirnya pada akhir 2012 bisa memiliki workshop pembuatan sepatunya sendiri dan mempekerjakan sekitar 20 orang pekerja.

"Pada 2012 akhir kita sudah punya workshop sendiri, punya pegawai sendiri dan mulai kerjain sendiri. Dari situ ide kita jadi tumbuh semakin liar karena mekanisme kerjanya juga lebih enak," kata Gunantyo.



Sejak awal dibuat hingga sekarang, Portee belum memiliki toko fisik. Mereka berangkat dari sebuah toko online, di mana pada situsnya kita bisa ubah sesuai sendiri model sepatu dan warna yang diinginkan. Proses pembuatan ini akan memakan waktu sekitar dua sampai tiga pekan.

Seiring perkembangannya, Produk Portee mulai tersedia di toko fisik yang ada di Bandung. "Sekarang sih sudah mulai kita jual di toko fisik. Tapi di awal memang enggak karena kita kejar di custom-nya, kalau nitip di toko lain itu kita tampilkan beberapa model dan warna."

Sekarang ada empat toko fisik di Bandung yang menjual produk Portee. Namun untuk pilah-pilih gaya dan warna sepatu kesukaan, rata-rata pelanggannya memesan secara online.



(ass/hkm)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT